Membuat Ranking Nilai dengan Rumus Excel

Cara membuat ranking dengan menggunakan rumus excel ini biasanya digunakan di sekolah untuk merankink siswa berdasarkan nilai hasil ujian di sekolah. Selain itu juga perankingan ini biasa digunakan juga di perusahaan dalam merekrut karyawan berdasaran hasil test. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh penggunaan rumus excel dalam meranking nilai siswa berdasarkan nilai hasil ujian di sekolah.

Bentuk penulisan rumus excel untuk mencari ranking adalah :

=rank(no,ref,order)

Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel nilai berikut ini
Jika kita lihat tabel diatas siswa ranking 1 adalah Drs. Ali Ramdani. Perankingan ini didasarkan pada nilai siswa hasil ujian yang tercantum pada tabel diatas. Nah, untuk mencari ranking tersebut diperlukan rumus di cell G4 dengan formula =RANK(E4,$E$4:$E$13,0) kemudian tekan enter.
lihat hasilnya, jika selesai silakan copykan rumus tersebut ke bawah sampai dengan siswa paling akhir kemudian lihat hasilnya.

Demikian cara sederhana membuat ranking dengan menggunakan rumus excel berdasarkan hasil nilai ujian, semoga artikel singkat ini bisa membantu dalam perkerjaan di kantor Anda.

2 Responses to "Membuat Ranking Nilai dengan Rumus Excel"

  1. membuat ranking excel mudah ya
    artikel nya sangat bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Saya mau nanya
    kan udh saya coba tetapi karena nilai ata-ratanya sama kok rankingnya ikut sama ya
    contoh: Budi rata rata = 80
    Caca rata rata = 80
    mereka rank nya jadi sama sama 4 tetapi 5 nya gak ada
    gimana caranya ya.
    -Thanks

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler