Diskusi tentang Excel

Cara Super Cepat Mengaktifkan Macro Excel

Setelah beberapa postingan tentang macro excel pada blog ini ada salah satu email yang masuk menanyakan bagaimana cara mengaktifkan macro? Artikel-artikel saya pada posting di blog ini belum membahas bagaimana cara mengaktifkan file excel yang mengandung macro.
Ok, sebenarnya excel yang mengandung macro cirinya adalah extention nya berakhiran .xlsm jadi type file excel yang mengandung macro contohnya adalah "namafile.xlsm"

Silakan baca tentang macro excel untuk mengenal lebih jauh.

Bagaimana cara mengaktifkan file excel yang mengandung macro vba?

  1. Langkah pertama adalah buka file excel seperti biasa dan ketika file tersebut terbuka akan terlihat di sudut kiri atas lembar kerja (sheet) seperti gambar berikut
  2. Pada gambar diatas pilih Options yang dilingkari sehingga akan muncul jendela security alert macro
  3. Pilih options Enable this content kemudian klik OK sehingga security warming yang berada di sudut kiri atas lembar kerja akan hilang dan macro akan aktif secara sendirinya.

Sampai disini program aplikasi excel yang mengandung macro siap digunakan. Selamat menggunakan program-program macro excel.

Contoh program aplikasi yang menggunakan macro excel untuk pembelajaran silakan cek disini

Kumpulan Macro belajar script VBA Excel

Related

Macro Excel VBA 4929316443866162629

Post a Comment

  1. Thanks artikelnya gan, tapi masalah ane macro udah aktif waktu dibuka excel ga muncul, gmna cara nya biar macronya muncul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, untuk mengaktifkan macro tinggal di run macro ajah silakan baca lebih detail mengenai macro Mengenal Macro terimakasih udah berkunjung gan

      Delete
  2. Terima kasih,,, simpel,, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terima kasih,,, simpel,, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih juga telah singgah di blog ini

      Delete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item