Diskusi tentang Excel

Cara Menambahkan Sheet Baru dengan Macro Excel

Untuk menambah sheet baru pada Ms. Excel bukan merupakan hal yang asing bagi para pengguna Excel mania, cukup dengan cara klik kanan sheet pada salah satu sheet kemudian klik Insert maka akan secara otomatis muncul sheet yang baru.
Tutorial Excel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat sheet baru yang cukup menarik yaitu menggunakan bantuan macro atau dengan kata lain VBA excel agar terlihat lebih keren, biasanya hal ini untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis excel. Silakan Anda lihat beberapa aplikasi excel buatan jago-office pada artikel seblumnya.

Bagaimana cara membuat sheet baru dengan macro?

Langkah-langkah silakan ikuti sampai akhir artikel ini.
  1. Silakan buat file baru (workbook) baru
  2. Tampilkan Microsoft Visual Basic Editor untuk mengetikan dan membuat form macro 
  3. Untuk membuat form tambah sheet silakan klik menu Insert User Form
  4. Jika selesai akan muncul jendela Book1 User Form1, langkah berikutnya silakan buat command button1 dan textbx1 untuk name biarkan saja jangan ada perubahan, Anda juga bisa merubahnya dengan name sesuka Anda.
  5. Langkah berikutnya adalah membuat script pada command Button1, silakan Anda double klik commandButton1 dan tulislah script di bawah ini

  6. Private Sub CommandButton1_Click()
    Sheets.Add After:=ActiveSheet
    ActiveSheet.Name = TextBox1.Value
    End Sub

  7. Jika Sudah silakan masuk kembali jendela excel Anda kemudian klik menu Developer lalu klik Macro, Name macro tulis sesukamu atau kalau contoh disini saya buat "TambahSheet"
  8. Kemudian klik Create lalu akan kembali ke jendela VBA Editor secara otomatis dan tulislah script berikut 

  9. Sub tambahSheet()
    UserForm1.Show
    End Sub
  10. Selesai silakan coba jalankan macro yang baru Anda buat kemudian tulis nama sheet akan akan dibuat baru kemudian klik commandbutton1 maka sheet baru akan ditambahkan secara otomatis.


Saya kira cukup mudah belajar macro untuk membuat sheet baru. Jika penasaran untuk belajar silakan Anda coba dengan tutorial ini. Selamat mencoba semoga berhasil.

Related

Macro Excel VBA 1011022891779869030

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item