Diskusi tentang Excel

Cara Mengurutkan Data di Excel

Mengurutkan data (sort data) dengan menggunakan pengolahan data di excel sering kita lakukan dan sering kita temui dalam pekerjaan di kantor. Tentunya dalam hal ini mengurutkan data sesuai dengan kriteria tertentu.
Data sort atau mengurutkan data terbagi menjadi 2 secara umum di Ms. Excel yaitu mengurutkan data berdasakan abjad A-Z atau bisa disebut dengan Accending dan mengurutkan data dari Z-A yang merupakan kebalikannya yaitu mengurutkan data secara Decending.

OK, bagaimana cara mengurutkan data tersebut?

 Sebelumnya coba perhatikan data tabel berikut ini!
Dari data tabel diatas terlihat data ibu kandung tertulis secara acak dan kita akan mengurutkan data nama ibu kandung tersebut secara berurut dari huruf A-Z.

Langkah-langkah mengurutkan data

  1. Blok data dari B2:F18 kemudian pilih menu data kemudian pilih sort
  2. Jika sudah selesai akan muncul jendela sort, buang ceklist My data has header kemudian pilih sort by D. artinya headernya dibuang langsung ke isi tabel kemudian diurutkan data nama ibu kandung yang berada di kolom D secara accending
  3. Klik OK dan lihat hasilnya data ibu kandung akan terurut secara otomatis berdasarkan abjad dari A-Z seperti terlihat pada gambar berikut ini
    Selesai, data nama ibu kandung sudah terurut, untuk desa, kecamatan, tingkat, dan umur akan mengikuti secara otomatis sesuai dengan nama ibu kandung nya. kecuali nomor urut.
Mudah kan? untuk latihan silakan dicoba beberapa jenis data dan silakan ikuti langkah seperti diatas, semoga bermanfaat.


Related

Trik Excel 2945353653442339166

Post a Comment

  1. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

    Mau belajar microsoft office , desain grafis , dan programming? yuk lihat tutorialnya di tutorial-tutorial gratis

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item