Diskusi tentang Excel

Aplikasi Daftar Hadir Pilpres 2014

Menjelang Pilpres tanggal 9 Juli nanti para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai disibukan dengan tahapan tahapan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Beberapa bulan yang lalu Allahamdulillah aplikasi Pileg yang sudah saya posting sebebelumnya banyak yang minat dan sudah diuji coba pada pelaksanaan Pileg kemarin dan hasilnya aplikasi yang sudah saya buat dengan menggunakan Excel bisa membantu mempercepat pekerjaan KPPS dan PPS dalam perhitungan suara serta penggunaan model C1. Kecurangan manipulasi dan penggelembungan suara sedikitnya bisa diatasi dan yang paling penting adalah aplikasi Pileg kemarin bisa membantu pelaksanaan pemilu di KPPS. Pada posting kali ini saya akan mencoba membuat Aplikasi Pilpres 2014 dengan tetap menggunakan rumus excel sebagai andalah perhitungannya.

Tahap awal saya akan mencoba membuat Daftar hadir dan ini sedikit berbeda dengan aplikasi pileg yang sudah saya buat terdahulu. Bagaimana dan seperti apa membuat daftar hadir ini?

 Langkah awal Anda harus mempunyai data DPT sebagai data dasar untuk membuat daftar hadir secara otomatis. Kenapa harus DPT ya karena di aplikasi daftar hadir pilpres ini kita hanya tinggal memasukan nomor urut DPT saja, maka nama dan jenis kelamin akan secara otomatis tertulis.

Langkah berikutnya buat format Daftar hadir sesuai yang diberikan oleh KPU kemudian pada cell W1 ketikan angka 0 kemudian pada cell W2 ketikan nomor urut DPT dari 1 sampai dengan jumlah akhir DPT masing-masing TPS dan di cell X2 ketikan nama pemilih sesuai dengan DPT.

Langkah selanjutnya di cell N23 ketikan rumus =IF(LEN(K23)=6,"000"&MID(K23,1,6),IF(LEN($G23)=5,"0000"&MID(K23,1,5),IF(LEN(K23)=4,"00000"&MID(K23,1,4),IF(LEN(K23)=3,"000000"&MID(K23,1,3))))) kemudian di cell O23 ketikan rumus =MID(N23,4,3) jika sudah selesai hiden kolom tersebut untuk supaya kelihatan rapi dan tidak mengganggu.

Langkah selanjutnya adalah membuat rumus di daftar hadir. Rumus  yang pertama adalah ketikan =IF(B23="","",R23) di cell C23 dan ketikan pula rumus =IF(B23="","",Q23) di cell J23 untuk menentukan nama secara otomatis sesuai data yang tadi kita ketikan pada kolom hiden.

Sampai disiini selesai sudah, saya yakin Anda bingung dengan tutorial ini karena screenshot tidak saya tampilkan berhubung software editing gambar pada laptop saya tidak ada maklum baru instal ulang OS. Namun demikian untuk mempermudah silakan download saja file aplikasi daftar hadir Pilpres 2014 yang sudah saja supaya tidak ruwet dan bingung pada bagian akhir posting artikel ini. Namun Insya Allah akan saya upload screnshot lengkapnya tidak terlalu lama.

Semoga bermanfaat.

Related

Aplikasi Excel 5957006951672499917

Post a Comment

  1. mas, boleh kirimin aplikasi ini? kirimin ke takul.arif24@gmail.com

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item