Diskusi tentang Excel

Daftar Istilah Penting dan Mendasar Belajar Microsoft Excel bagi Pemula

Bagi pengguna Excel pemula ternyata tidaklah gampang segampang membalikkan telapak tangan. Ratusan rumus yang telah disipakan di Ms. Excel untuk membantu dalam proses perhitungan ini. Memang Excel sangat terkenal sebuah aplikasi dalam perhitungan matematisnya. Namun ada beberapa hal yang mendasar untuk belajar Microsoft Excel bagi tahap pemula.

Sebelumnya telah saya bahas bagaimana cara cepat belajar Excel. dan pada kesempatan kali ini mari kita belajar bersama apa istilah-istilah dasar belajar Ms. Excel tersebut. Kenapa ini bisa dikatakan hal yang dasar, ya sebab untuk belajar excel ke tingkat yang lebih lanjut dan bisa dikatakan rumit Anda harus tahu hal-hal yang ini terlebih dahulu. Oke tidak akan panjang lebar apa saja hal dasar belajar Excel tersebut.

Berikut istilah dasar belajar Microsoft Excel
  1. Cell, cell merupakan titik temu antara komlom dan baris yang merupakan bagian terkecil dari sebuah worksheet dan dapat diisi dengan sejumlah karakter baik berupa value, teks maupun formula/rumus. Contoh penulisan cell adalah : A1, C12, D20. arti dari tulisan A1 dimana cell tersebut berada di kolom A baris ke 1, C12 artinya kolom C baris ke 12.
  2. Range, merupakan kumpulan beberapa cell atau sekolompok cell dimana bentuk penulisannya diawali dari paling kiri atas dan diakhiri sampai dengan kanan bawah contoh range A2:B10 arti dari menulisan range A2:B10 adalah cell yang dimulai dari cell A2 dan diakhiri sampai dengan cell B10. Range tersebut memiliki cell sebanyak 18 cell yaitu, cell A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9, B10. kumpulan cell-cell tersebut dinamakan range A2:B10 karakter ":" atau titikdua ini dapat diartikan "sampai"
  3. Worksheet, merupakan sebuah lembar kerja yang terdiri dari kolom A sampai dengan XFD dan baris dari bari 1 sampai dengan bari ke 1048576. Worksheet biasanya sebelum di rename oleh operator secara default bertuliskan "Sheet1, Sheet2, Sheet3, dst"
  4. Workbook, adalah lembar kerja yang merupakan satuan terbesar dan terdiri dari beberapa worksheet. Biasanya ketika pertama kali membuka lembar kerja baru dalam title bar bertuliskan "Book1" dan jika di save nama ini akan berubah menjadi sesuai dengan nama file yang telah dituliskan
  5. Alamat Relatif, merupakan bentuk rumus yang apabila dicopykan dari cell yang satu ke cell yang lainnya rumus tersebut akan berubah dan akan disesuaikan dengan cell yang bersangkutan. Contoh jika kita menuliskan rumus =A12+B10 rumus tersebut apabila dicopykan kebawahnya dengan cara drag maka rumus tersebut akan berubah menjadi =A13+B11 dan begitu seterusnya
  6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7.
  7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan dan untuk mempercepat penulisan alamat absolut maka Anda bisa tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5.
  8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu dan biasanya jika cell belum digabungkan menjadi range ini manunjukan posisi pointer pada lembar kerja. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar
Oke, itulah 8 istilah penting dan mendasar bagi para Exceler pemula sebelum mengikuti beberapa tutorial dan rumus-rumus yang ditulis pada blog jago-office ini ada baiknya Anda mengetahui 8 istilah penting dan mendasar belajar Ms. Excel ini.
Semoga bermanfaat.
Jangan di klik karena tidak ada link download
download excel
Klik Download Free Excel

Related

Belajar Excel 7986495067733323897

Post a Comment

  1. makasih banyak buat ilmunya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan..

    http://kyuherbal.blogspot.com/

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item