Diskusi tentang Excel

Cara Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir Karyawan dengan Rumus Excel

Cara Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir Karyawan dengan Rumus Excel - Sebenarnya cara ini sudah saya bahas pada artikel Cara memisahkan dan Menggabungkan kata namun pada kesempatan kali ini akan lebih fokus pada pembahasan cara memisahkan tempat dan tanggal lahir karyawan. Materi ini saya bahas dalam rangka ada pertanyaan dari teman saya yang bekerja di perusahaan kecil yang masih menggunakan Ms. Excel sebagai pengolahan datanya.

Baiklah permasalah yang dialami bahwa ada banyak data karyawan sekitar 300 orang yang tertulis di Ms. Excel dan data tersebut diataranya ada tempat dan tanggal lahir, agar lebih mudah dalam pengolahan database di Ms. Excel untuk pengolahan karyawan dia ingin memisahkan data tempat dan tanggal lahir karyawan tersebut menjadi terpisah.

memisahkan tanggal lahir

Perhatikan data tersebut diatas, pada kolom C terdapat data tempat tanggal lahir yang masih menyatu dalam satu kolom yaitu kolom C sedangkan di kolom E terdapat tempat tanggal lahir yang sudah terpisah dengan tanggal lahir yang berada di kolom F. nah bagaimana membuat tersebut tanpa mengetikkan ulang?

Cara Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda ketikkan saja di kolom E untuk menempatkan tempat lahir dengan rumus =LEFT(C8,FIND(",",C8)-1)

cara memisahkan tempat lahir

Dari hasil rumus yang diketikan diatas jika ditekan enter hasilnya akan tertulis kata "Majalengka" dan untuk menuliskan tanggal lahir silakan ketikkan =MID(C8,FIND(",",C8)+2,LEN(C8))

rumus pemisah tanggal lahir

Tekan enter kemudian copykan rumus pemisah tempat dan tanggal lahir tersebut sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini

cara memisahkan tanggal lahir

Lihatlah data tersebut diatas tempat dan tanggal lahir karyawan sudah terpisah dari satu kolom yaitu kolom C menjadi dua kolom yaitu kolom E dan kolom F. Sebenarnya ada rumus lain untuk memisahkan tanggal lahir untuk mencobanya selain rumus =MID(C8,FIND(",",C8)+2,LEN(C8)) Anda juga bisa menggunakan rumus =RIGHT(C8,LEN(C8)-FIND(",",C8)-1) hasilnya akan sama saja.

Demikian cara memisahkan tempat dan tanggal lahir karyawan, semoga bisa membantu. untuk download contoh excel diatas silakan filenya sudah saya sharing pada link dibawah ini



download excel                                


Related

Rumus Excel 5012542396803601938

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item