Diskusi tentang Excel

Rumus If Excel Sebagai Fungsi Logika, Ini dia Contohnya

Rumus If Excel dengan Beberapa Kriteria Dilengkapi dengan Contoh - Rumus If merupakan rumus yang digunakan untuk menyelelesaikan fungsi logika dimana rumus ini akan menghasilkan nilai dari beberapa kriteria tertentu.
Bentuk penulisan rumus logika IF pada Excel adalah =IF(logical_test, value_if_true,value_if_false). Dalam prakteknya penggunaan rumus logika IF ini ada dengan satu kreiteria ada juga dengan beberapa kriteria. Baiklah untuk lebih jelasnya saya contohkan dalam bentuk latihan dibawah ini

Soal, Jika Perempuan maka tampilkan "P", jika laki-laki maka tampilkan "L". Nah dalam kasus soal ini Anda disuruh apabila dalam sebuah cell berisi tulisan "Perempuan" maka hasilnya akan "P" tetapi apabila "Laki-laki" maka hasilnya "L".

Berikut penggunaan rumus logika IF pada Excel 2010

Sebenarnya versi manapun Excel yang dipakai di komputer Anda penggunaan rumus ini sama saja. Oke untuk lebih jelasnya kita bahas soal diatas. Misalnya saya asumsikan pada cell A3 diketikkan "Perempuan" dan hasil pengolahan test logika diatas akan ditempatkan di cell C3 maka rumusnya adalah =IF(A3="perempuan","P",IF(A3="Laki-laki","L"))


Oke, dari rumus diatas jika Anda tekan enter hasilnya akan tertulis "P". Sampai disini rumus logika IF yang Anda ketikkan sudah benar, namun ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersingkat penulisan rumus sebagai berikut =IF(A3="perempuan","P","L" rumus ini juga akan menghasilkan nilai yang sama yaitu apabila di cell A3 dituliskan "Perempuan" maka di cell C3 otomatis tertulis "P" tetpi jika bukan perempuan maka hasilnya adalah "P".
Rumus mempersingkat diatas sudah bisa Anda lakukan namun apabila secara logika pilihan tersebut ada 2, Jelas rumus ini bisa digunakan karena selain "Perempuan" maka "Laki-laki". jika rumus tersebut Anda singkat apa yang terjadi apabila Anda di cell A3 tidak dituliskan laki-laki karena logika nya hanya selain perempuan maka tulis "L"

Banyak sekali para pengguna Excel yang menuliskan rumus logika fungsi IF ini Untuk mengatasi masalah diatas. Misalnya jika di cell A3 dituliskan "Perempuan" maka di cell C3 hasilnya "P", jika di cell A3 dituliskan "Laki-laki" maka di cell C3 hasilnya "L", jika di cell A3 selain tulisan "Perempuan" dan "Laki-laki" maka di cell C3 hasilnya "Bukan termasuk jenis kelamin".




Rumus Fungsi Logika IF bertingkat

Permasalah diatas merupakan rumus logika bertingkat dan untuk mengatasi fungsi rumus logika bertingkat tersebut Anda bisa menuliskan rumus =IF(A3="perempuan","P",IF(A3="Laki-laki","L","bukan termasuk jenis kelamin"))
Lihat gambar gerikut ini


Ok, dari rumus fungsi logika IF yang diruliskan di cell C3 akan menghasilkan sebagai berikut
Laki-laki maka "L"
Perempuan maka "P"
selain "Laki-Laki" dan "Perempuan" maka "Bukan termasuk jenis kelamin"

Ada tiga kriteria yang dihasilkan dari rumus fungsi logika IF diatas dan ini akan kelihatan menghasilkan test logika yang benar. Rumus fungsi logika IF ini bisa Anda kolaborasikan dengan beberapa rumus fungsi teks Excel misalnya =IF(OR atau ada juga =IF(AND atau bahkan rumus ini juga bisa Anda gabungkan dengan pengolahan rumus fungsi database dan ini akan saya bahas lebih rinci lagi pada artikel berikutnya

Terimakasih, semoga bermanfaat tulisan yang kurang bagus penyusunan kalimatnya ini tapi mudah-mudahan Rumus If Excel Sebagai Fungsi Logika, Ini dia Contohnya ini bisa dimengerti.

Related

Rumus Excel 6291550901220777147

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item