Diskusi tentang Excel

Cara Menghapus Kata di Microsoft Excel dengan Metode Find and Replace

Cara Menghapus Kata di Ms. Excel dengan Metode Find and Replace -  cara ini sering saya gunakan juga dalam pekerjaan menggunakan Ms. Excel. Kalau artikel yang sebelumnya bagaimana cara menambahkan kata tanpa mengetik ulang sekarang saya akan membahas bagaimana cara menghapus kata yang sama dengan metode find and replace tanpa menghapus satu per satu. Hal ini juga sangat merepotkan kita apabila data yang akan dihapus begitu banyak Anda akan memakan waktu beberapa jam hanya untuk menghapus atau menghilangkan kata yang tidak dibutuhkan.

Sebenarnya cara menghapus kata atau menghilangkan sebagian kata dalam suatu cell atau range di Ms. Excel bisa menggunakan rumus tetapi silakan saja mana yang lebih mudah dan gambang untuk dilakukan dan tentunya mana juga yang paling cepat dikerjakan. Perlu diingat bahwa menghapus kata dengan metode find and replace harus hati-hati apalagi menggunakan fasilitas replace all karena semua data yang dicari dan ditentukan akan diganti apabila Anda menggunakan replace all.
Oke, mari kita ikuti langkah-langkah menghapus kata tanpada menggunakan rumus tetapi dengan menggunakan metode find and replace.

  1. Langkah pertama coba Anda perhatikan data provinsi berikut ini kemudian silakan blok semua data provinsi (blok range B5:B22)
    menghapus kata di excel
  2. Setelah Anda blok langkah kedua pada menu HOME silakan carai Find and Select, icon ini berada pada ribbon editing di Office 2007 dan silakan klik kemudian pilih Replace
    rumus excel menghapus kata
  3. Jika sudah Anda pilih dan klik maka akan muncul kotak dialog Find and Replace
    trik excel menghapus kata
  4. Dari kotak dialog tersebut pada kolom Find what tulis “kabupaten ” karena kita akan mencari kata “kabupaten” pada daerah yang di select atau di blok tersebut kemudian pada kolom Replace with tetap kosongkan hal ini dimaksudkan kita akan mencari kata Kabupaten kemudian diganti dengan data kosong.
    cara-menghapus-sebagian-kata

  5. Jika sudah selesai silakan klik Replace All untuk mengganti semua kata “Kabupaten” dengan tidak ada kata atau dengan kata lain menghilangkan kata “Kabupaten” kemudian Anda akan melihat sebuah kalimat “Excel has completed its search and has made 18 replacement” artinya pencarian dengan kata kunci “Kabupaten” sudah ditemukan dan sudah diganti dan terdapat 18 kata yang sudah diganti.trik-menghapus-sebagian-kata-di-excel
  6. Jika berhasil perhatikan gambar berikut kata “Kabupaten” sudah hilang secara otomatis
    excel-tutorial

Berhasil, sampai disini anda sudah bisa menghilangkan atau menghapus sebagian kata dan semua kata yang mengandung “Kabupaten” sudah hilang tanpa mengetikkan rumus excel sama sekali. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan rumus, namun akan saya bahas pada kesempatan berikutnya.

Lihat juga bagaimana Cara menambahkan kata pada Microsoft Excel disini

Demikian semoga artikel mengenai Cara menghapus kata di Ms. Excel dengan metode Find and Replace dan tanpa mengetikan rumus excel ini bermanfaat dan selamat mencoba dan berlatih.

Related

Trik Excel 3942110688090809273

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item