Diskusi tentang Excel

Aplikasi Lacak KTP dengan Rumus Excel V1.10

Membuat Aplikasi Lacak Kartu Identitas Penduduk alias KTP menggunakan rumus Excel dan tips penggabungan rumus excel tidaklah sulit, hanya membutuhkan beberapa menit saja sudah bisa jadi aplikasi untuk melacak identitas seseorang berdasarkan nomor KTP.

Aplikasi ini menggunakan rumus excel Vlookup artinya kita harus memiliki database provinsi, kabupaten, dan kecamatan karena ini merupakan salah satu identitas untuk mengetahui sesuai dengan nomor KTP yang diinput. apabila Anda menginput nomor KTP salah maka sistem aplikasi akan memberikan pesan nomor yang dinput salah dan apabila Anda menginput nomor KTP kurang dari 16 digit maka aplikasi juga akan memperingati berupa pesan bahwa data atau nomor yang dinputkan harus 16 digit angka. Cukup sederhana kan? pesan ini bisa Anda  buat dengan menggunakan validasi data. Anda harus belajar membuat validasi data dengan menggunakan Ms. Excel agar bisa membuat aplikasi ini.

Aplikasi lacak identitas KTP ini sifatnya hanya belajar saja dengan maksud bahwa Microsoft Excel tentunya sangat kaya akan kegunaan dengan ratusan rumus yang bisa Anda kolaborasi atau dengan Anda menggabungkan sehingga Anda bisa memanfaatkan Microsoft Excel dengan baik dan berguna. Anda bisa belajar rumus-rumus Microsoft Excel lengkap di blog ini disertai dengan cotoh rumus dan aplikasi Excel

Untuk belajar rumus penggabungan Vlookup anda bisa belajar disini.
Langsung saja ini dia screenshoot dari Aplikasi nya


contoh diatas adalah hasil pencarian data dengan menginput nomor KTP misalnya seperti yang tertera diatas maka secara otomatis sistem akan mencari pada sebuah database sehingga menghasilkan informasi bawah  

"orang yang dicari dengan nomor KTP 3210100808820200 dia adalah orang dari daerah kecamatan rajagaluh kabupaten majalengka provinsi jawa barat dan orang ini lahir sekitar tahun 1982"

Apabila Anda menginputkan nomor KTP kurang dari 16 digit maka secara otomatis ada peringatan "Maaf KTP tidak ditemukan digit KTP berjumlah 16" ini berarti Anda harus menginput nomor KTP sebanyak 16 digit seperti contoh diatas.


Jika muncul peringatan seperti diatas maka Anda harus klik Retry untuk menginputkan kembali nomor KTP yang berjumlah 16 digit.
Oke, inilah kehebatan Microsoft Excel bisa dijadikan sebuah aplikasi sederhana namun sepertinya bermanfaat.

Related

Aplikasi Excel 5348763619709420049

Post a Comment

  1. Kalau boleh saya tambahkan, orang tersebut lahir pada tanggal 8 Agustus 1982 dan berjenis kelamin laki-laki. Kenapa ? Aturan pada penomoran NIK adalah 2 digit pertama kode propinsi, 2 digit kedua kode kabupaten, 2 digit ketiga kode kecamatan, 2 digit keempat, kelimat, dan keenam, adalah tgl bulan dan tahun lahir. Khusus untuk perempuan, tanggal lahir ditambah 40. Dan 4 digit terakhir adalah nomor urut dari orang yang lahir pada hari, tgl. dan nama yang sama.
    Demikian sekedar info untuk menyempurnakan aplikasinya. Tapi saya tetap salut kok, dan web ini saya bookmark. Tks untuk berbagai info excelnya !

    ReplyDelete
  2. link untuk unduhnya dimana bos

    ReplyDelete
  3. linknya gak ada gan ?
    mohon pencerahannya`

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item