Diskusi tentang Excel

Pengenalan Dasar Membuat UserForm VBA Excel

UserForm merupakan interface yang disediakan oleh programer untuk memfasilitasi dan mempermudah dalam penggunaan program aplikasi. Aplikasi yang saya maksud disini adalah aplikasi sederhana yang dibuat pada Ms. Excel dengan bantuan script VBA. Membuat UserForm merupakan hal mendasar dalam belajar VBA atau macro.

Pada tulisan ini saya akan bahas mengenai UserForm sehingga Anda akan betul paham dalam belajar VBA Excel lebih dalam lagi. Lalu bagaimana cara membuat UserForm, mengganti nama UserForm, merubah ukuran, warna background, merubah nama huruf/jenis huruf? Semua hal tentang UserForm tentu harus Anda kenal dan berikut ulasannya.

Anda bisa melihat contoh Script VBA untuk menampilkan UserForm yang aktif

Cara Membuat UserForm

Bagaimana cara membuat UserForm? Jika Anda sudah tahu fungsi dari UserForm itu sendiri mari kita bahas bagaimana cara membuat sebuah UserForm pada Ms. Excel melalui VBA. Silakan masuk ke VBA Editor dengan cara menekan kombinasi keyboard ALT+F11 maka secara otomatis akan masuk ke editor VBA Ms. Excel.
Setelah masuk ke VBA Anda cari menu Insert kemudian pilih UserForm


Dari gambar diatas Anda bisa melihat menu Insert jika Anda klik maka langkah selanjutnya silakan pilih atau klik UserForm kemudian lihat kebawah akan muncul satu buah UserForm dengan nama UserForm1 dan lihat juga VBAProject untuk Book1 juga terdapat nama yang sama ini artinya UserForm telah berhasil dibuat.  Jika Form sudah dibuat langkah apa yang harus dilakukan?

Cara Mengatur UserForm melalui Properties

Mengganti Nama Form
Setelah UserForm dibuat langkah selanjutnya kita atur Form tersebut melalui Properties misalnya untuk Name secara default akan bernama UserForm1 dan kita ganti dengan "FormData" kenapa harus diganti? Sebenarnya Anda juga bisa untuk tidak mengganti Name tetapi alangkah baiknya dirubah karena ada beberapa UserForm yang akan dibuat berikutnya tujuannya adalah mempermudah dalam mengingat nama Form tersebut.

Mengganti Warna Background Form
Anda bisa merubah warna dasar dari form yang akan didesain sesuai dengan keingingan dan warna background adalah bernama ButtonFace atau dalam kode pewarnaan &H8000000F&. Untuk merubah warna silakan klik segitiga kemudian maka akan muncul beberapa jenis warna berikut namanya, jika ingin lebih lengkap lagi dalam memilih warna silakan pilih Palette misalnya saya disini memlih warna hijau atau dalam kode &H0000C000&



Mengganti Tulisan UserForm1
Apakah tulisan yang tampil pada form dengan nama "UserForm1" bisa diganti? Jawaban saya adalah BISA. lalu bagaimana caranya? Nah, caranya cukup sederhana Anda perhatikan nama form yang ada pada bagian atas desain form terdapat tulisan "UserForm1" kita akan ganti dengan caranya silakan ganti Captions pda properties dengan nama form yang diinginkan misalnya saya akan ganti dengan nama "Form Input Data"

Cara lain selain menggunakan Properties Anda juga bisa menggunakan script VBA untuk mengganti nama UserForm1 menjadi "Form Input Data"

Private Sub UserForm_Initialize()
FormData.Caption = "Input Data Siswa"
End Sub
Catatan : Jika Anda menggunakan Script VBA maka akan berubah apabila program sudah dijalankan dengan mengklik tombol RUN

Untuk mengenal atau belajar scrip VBA saya ada contoh Cara Membuat Jam Digital dengan Scrip VBA

Cara Merubah Tinggi dan Lebar Form
Bagaimana cara merubah ukuran tinggi dan lebar dari form? Ketika pertama kali membuat sebuah UserForm secara default akan menentukan ukuran tinggi dan lebar kolom yaitu untuk ukuran tinggi adalah 180 dan lebar 240. Anda bisa mengganti ukuran tersebut misalnya untuk tinggi 400 dan lebar 500 maka yang harus dirubah pada properties adalah

Hight = 400
Width = 500

Silakan lihat hasilnya ukuran Form Input Data akan berubah secara otomatis. Sebanarnya hal ini juga bisa dilakukan menggunakan script VBA

Private Sub UserForm_Initialize()
With FormData
.Height = 400
.Width = 500
End With
End Sub
Kedua cara baik melalui Properties maupun dengan script VBA sama saja, bedanya adalah jika dengan script VBA atau kode VBA akan terlihat hasilnya apabila sudah dijalankan.

Ok, sampai disini saja pengenalan dasar membuat UserForm VBA pada Ms. Excel, dan akan saya bahas lebih jauh lagi pada tulisan berikutnya. Selamat mencoba.

Related

Macro Excel VBA 3882509496699485607

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item