Diskusi tentang Excel

Script VBA untuk Menonaktifkan / Disable Fungsi Klik Menu Save As


cara disable SaveAs

Sahabat Excel-id, Tahukan Anda ketika download aplikasi gratis yang dibuat dengan aplikasi Ms. Excel bahwa ketika Anda mengklik menu Save As maka tidak akan muncul jendela Save As, hal ini terjadi karena fungsi Save As sudah dinonaktifkan dengan menggunakan VBA.

Kenapa SaveAs bisa di Non Aktifkan? tujuan dari penonaktifan dari fungsi Save As biasanya si programmer pembuat aplikasi VBA Excel ini untuk menjadi agar Aplikasinya tidak bisa di simpan ulang oleh user, namuin sebenarnya tetap saja masih bisa dilakukan dengan cara lain. Apakah saya pernah menggunakan script untuk menonaktifkan fungsi Save As?

Fungsi Save As sudah saya terapkan pada beberapa aplikasi yang telah dibuat misalnya pada aplikasi Soal Ujian Mandiri bahwa Save tidak bisa digunakan. Oia, berikut cara membuat SaveAs agar Non Aktif. Macro ini berarti, pengguna/user tidak akan dapat menyimpan dokumen dengan pilihan memberikan nama berbeda atau SaveAs atau menyimpan di lokasi atau folder/Drive lainnya. Pilihan yang ada untuk menyimpan adalah dengan meng-klik SAVE yang berarti hanya akan menyimpan semua perubahan pada dokumen yang aktif saja.


Langkah pertama silakan masuk ke VBA editor seperti biasa dan silakan ketikan atau copy paste script dibawah ini pada ThisWorkbook

Private Sub Workbook_BeforeSave (ByVal SaveAsUI As Boolean, Cancel As Boolean)
    If SaveAsUI = True Then Cancel = True
End Sub

Anda bisa perhatikan diatas script VBA dituliskan pada ThisWorkbook bukan pada sheet1, karena saya buat pada ThisWorkbook maka walaupun yang diaktifkan antara sheet1 atau sheet2 tidak akan berpengaruh.

Untuk yang lebih detail lagi cara membuat VBA untuk menonaktifkan fungsi SaveAs silakan ikuti langkah berikut :
  1. Blok dan silakan klik kanan copy script VBA diatas tadi
  2. Buka file Microsoft Excel yang anda ingin menonaktifkan feature Save As nya
  3. Tekan ALT+F11 untuk membuka jendela Visual Basic Editor
  4. Pilih jendela di sebelah kiri dimana terdapat nama dokumen Excel Anda (VBA Project)
  5. Langkah berikutnya buka menu Microsoft Excel Object kemudian double klik ThisWorkbook
  6. Silakan paste kode tadi dijendela sebelah kanannya.
  7. Selesai
Jika ke-7 langkah tersebut sudah dilakukan sekarang mari kita uji coba script dengan cara silakan masuk ke Workbook Anda kemudian klik Menu File (excel dibawah 2007) atau klik OfficeButton (Excel 2007 ke atas) lalu klik SaveAs. Apa yang terjadi? jika SaveAs sudah di klik tapi ternyata tidak muncul jendela SaveAs maka Anda telah berhasil, apabila sebaliknya tentu Anda harus mengoreksi apakah VBA yang dituliskan sudah benar?



Selesai, Semoga bermanfaat, silakan berkreasi untuk membuat Script VBA untuk Menonaktifkan / Disable Fungsi Klik Menu Save As.

Related

Macro Excel VBA 3448876410337617916

Post a Comment

  1. terimakasih ilmunya,,sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih juga telah berkunjung ya

      Delete
  2. Aplikasi saya' ketika sdh selesai di edit' dan disimpan bisa. Cuma ketika filenya ditutup dan dibuka kembali, semua perubahan kembali seperti semula atau tidak disimpan. Mohon solusi... trims

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item