Diskusi tentang Excel

Tutorial Membuat Jam Digital Pada Ms. Excel Menggunakan VBA



Tahapan cara membuat jam digital pada Ms. Excel dengan menggunakan script VBA. Apa itu jam digital? Jam digital merupakan waktu yang ditampilkan berupa angka Jam digital adalah tipe lain dari jam analog. Kali ini saya akan membahas bagaimana membuat sebuah jam digital yang mampu menampilkan data digital berupa angka dan selalu berubah atau update setiap detik, menit, dan jam.

Sebelum ke tutorial caranya terlebih dahulu saya akan berikan tentang pengertian digital. Digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah. Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog

Cara Membuat Jam Digital dengan Menggunakan VBA atau Macro Excel

TAPAP 1
Langkah pertama Anda harus membuat rumus untuk menampilkan tanggal dan waktu sekarang, saya yakin sudah tahu caranya dan yang belum tahu silakan ketikkan =NOW()


Jika ditekan enter maka hasilnya adalah berupa format dd-mm-yyyy mm:ss ini akan menunjukan jam yang sesuai dengan waktu yang sama dengan regional setting pada komputer Anda.

TAHAP 2
Tahap kedua Anda harus masuk ke VBA editor dengan cara menekan kombinasi tombol keyboar ALT+F11 maka akan tampil jendela editor VBA. Jika sudah tampil silakan sisipkan satu buah Module dengan cara klik menu Insert kemudian pilih Module lalu ketikkan script VBA dibawah ini

Dim TampilkanWaktu
Sub JamDigital()
Set Sh = ThisWorkbook.Sheets(1)
Sh.Calculate

With Sh.Range("B5")
    .FormulaR1C1 = "=Now()"
    .NumberFormat = "hh:mm:ss AM/PM"
End With

TampilkanWaktu = Now + TimeValue("00:00:01")
Application.OnTime TampilkanWaktu, "Jamdigital"
End Sub

Untuk belajar script VBA silakan lihat contoh lain sebuah Aplikasi Pilkades Berbasis Excel

TAHAP 3
Jika script VBA telah Anda ketikkan langkah terakhir silakan jalankan macro nya dengan cara klik tombol RUN



Silakan masuk ke Sheet1 yang telah dituliskan rumus =NOW( ) tersebut kemudian lihat perubahan setiap detik, apabila jam dalam hitungan detik  berubah berarti program jam digital berhasil Anda buat, apabila tidak terjadi perubahan maka silakan cek kembali script VBA yang telah diketikkan pada Module1 tersebut apakah sudah benar atau belum.

Catatan :
Anda bisa mempercantik tampilan untuk jam digital tersebut misalnya merubah ukuran huruf menjadi 36 pt dan jenis huruf nya Calibria kemudian font color atau warna tulisannya rubah menjadi warna hijau atau coba sesuai dengan kreasi Anda sendiri. Jika ukuran jam digital tidak cukup dengan ukuran kolom Anda juga bisa merger beberapa cell misalnya range B5:E5.

Selesai, jam digital dengan menggunakan VBA telah berhasil dibuat dan hasilnya akan tampak seperti gambar paling atas artikel ini.
Semoga bermanfaat.

Related

Trik Excel 9117382016700839317

Post a Comment

  1. saya sudah buat seperti diatas tapi belum berhasil
    mohon pencerahan

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item