Diskusi tentang Excel

Rumus Fungsi HOUR untuk Menampilkan Jam

Rumus Fungsi HOUR digunakan untuk menampilkan sebuah jam atau waktu jam sesuai dengan data yang telah ditentukan atau ditunjuk sebagai serial number referensinya. Kenapa harus menggunakan rumus HOUR? bukan Fungsi LEFT?

Perbedaannya jika kita mempunyai data dengan format Jam maka tidak akan bisa menggunakan rumus LEFT untuk menampilkannya silakan coba pelajari rumus fungsi Text Bagaimana penulisan dari rumus HOUR ini?

Bentuk penulisan atau Syntax nya adalah
=HOUR(SERIAL_NUMBER)
Contoh penulisan secara real dalam sebuah kasus, misalnya saya akan menampilkan data jam pada jam 11:45:00. Data jam tersebut dituliskan pada cell A2 maka untuk menulis rumus nya adalah =HOUR(A2) maka hasil dari rumus tersebut adalah 11.

Contoh lain penulisan rumus HOUR silakan lihat pada tabel berikut ini

rumus excel hour

Coba perhatikan pada baris ke-2 jam yang menunjukan 2:15:00 PM akan menghasilkan nilai atau angka 14 kenapa bukan 2 ? ini disebabkan bahwa PM merupakan data jam yang melewati angka 12:00 karena setelah 12:00 selanjutnya adalah jam 13:00 kemudian 14:00 dan seterusnya.

Silakan lihat
Rumus Fungsi Excel untuk Mengolah Tanggal dan Waktu
Semoga bermanfaat.

Related

Fungsi Excel 2723081965011519728

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item