Diskusi tentang Excel

Begini Cara Menghitung Usia/Umur Tahun Bulan dan Hari dengan Rumus DATEIF

Bagaimana cara menghitung umur atau usia pada Ms. Excel menggunakan rumus? Rumus DATEIF bisa digunakan untuk mengetahui berapa jumlah tahun, berapa jumlah bulan, dan berapa jumlah hari dari usia Anda ketika Anda menentukan atau menuliskan tanggal lahir pada cell yang tersedia. Rumus ini bisa Anda gunakan misalnya bagaimana menghitung usia pada Daftar Pemilih dalam kegiatan Pemilu seperti yang telah saya bahas sebelumnya tentang Aplikasi Pemilu Cara menghitung Umur

Rumus ini merupakan rumus Excel yang berfungsi untuk mengolah tanggal dan waktu Anda bisa lihat beberapa contoh rumus mengolah tanggal dan waktu. Ok, ini dia cara menghitung umur/usia dengan menghasilkan informasi tanggal, bulan, dan hari menggunakan rumus DATEIF.

Silakan tuliskan rumus pada cell A2 dengan formula
=DATEDIF(A1;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(A1;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(A1;TODAY();"MD")&" Hari"
Dari rumus diatas terlihat tulisan atau kata TODAY ini menunjukan atau merupakan rumus untuk menampilkan tanggal sekarang. Jadi jika komputer Anda pada setting Date Time atau Regional Setting tidak sesuai maka rumus ini akan menghasilkan informasi umur yang salah. Kenapa bisa demikian?
Tanggal yang salah pada komputer mengakibatkan beberapa fungsi tidak bekerja secara maksimal maka silakan ganti atau rubah terlebih dahulu regional setting dengan cara mengklik tanggal yang berada pada ujung kanan bawan layar komputer.



Kembali pada pembahasan, setelah rumus diatas Anda tuliskan pada cell A2 maka silakan coba Anda tuliskan tanggal lahir lengkap dengan bulan dan tahun nya misalnya saya tuliskan 01/01/1982 maka hasilnya adalah 33 Tahun 6 Bulan 6 Hari. Hasil akan berbeda sesuai dengan kapan Anda menuliskan rumus tersebut dan berapa tanggal lahir yang akan dimasukan atau dicari umur nya.



Berhasil, rumus yang dituliskan sudah benar, apabila Anda mengalami kesulitan atau rumus mencari usia/umur ini terjadi error coba silakan ganti pada rumus tersebut titik koma menjadi koma. Oia rumus ini juga bisa digunakan untuk mencari umur pada pengolahan siswa baru.

Selamat mencoba semoga berhasil.

Related

Rumus Excel 3000178109268005647

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item