Diskusi tentang Excel

Harukah Saya Membuat Laporan Keuangan dengan Excel?

laporan keuangan di kantor
Sumber Gambar : Indonesia.Tempo


Excel-id.com - Harukah Saya Membuat Laporan Keuangan dengan Excel? Sebuah pertanyaan yang mungkin bagi temen-temen karyawan yang berkerja di sebuah perusahaan berskala besar maupun kecil. Ada banyak pengguna Excel yang memanfaatkan program pengolah data angka, grafik, mapun tabel tersebut digunakan untuk membuat laporan keuangan perusahaan tempat bekerja mereka. Bagi Anda yang berkeja sebagai karyawan baru di perusahaan ini mungkin masih membingungkan terutama pada divisi keuangan.

Lalu pertanyaannya Apakah perlu saya buat laporan dengan menggunakan Ms. Excel?

Untuk membuat laporan keuangan tidak selamanya harus menggunakan program aplikasi pengolahan data angka ini, saat ini sudah banyak perusahaan yang sudah membeli program aplikasi keuangan dalam membantu pengelolaan keuangan di perusahaan tersebut. Memang jika ditanya masalah biaya berapa harga yang dikeluarkan untuk membeli sebuah software atau aplikasi keuangan tersebut? Kalo saya jawab dengan nominal mungkin tidak ada batasa pasti berapa harganya yang jelas untuk skala perusahaan besar sekelas, Perusahan Telekomunikasi jelas itu harganya ratusan juta, atau bagkan munkin perbankan yang dalam operasionalnya mengelola keuangan tentu ini harus menggunakan software aplikasi yang sudah dibuat oleh programer profesional.

Jika pertanyaannya haruskah saya menggunakan Ms. Excel untuk membuat laporan keuangan? Ini tergantung dari apakah perusahaan tersebut termasuk skala besar dan sudah memiliki program atau software aplikasi yang dilengkapi dengan laporan keuangan atau tidak? jika jawabnya YA saya rasa tidak perlu menggunakan Excel sebagai program pembuat laporan keuangan tersebut. tinggal pilih fasilitas yang menyediakan laporan keuangan saja sesuai dengan fitur software yang ada di perusahaan tersebut.
Jika Perusahaan tempat bekerja tidak memiliki software keuangan, ini saatnya Anda membuatnya menggunakan Excel Anda bisa lihat sebuah contoh sederhana laporan keuangan menggunakan Excel pada tulisan saya

Contoh Laporan Keuangan Excel
Atau Anda bisa mendesain sendiri sesuai selara dan keinginan pimpinan atau atasan di perusahaan Anda tempat bekerja. Anda bisa belajar bagaimana cara membuat aplikasi laporan keuangan dan bisa dikolaborasikan dengan kode-kode VBA. Biasanya untuk laporan keuangan di sekolah masih menggunakan Excel contoh

Laporan Keuangan Dana BOS Format Excel

Membeli Program Aplikasi Ms. Excel berlisensi atau Software desain Khusus Keuangan?

Ms. Excel hanyalah sebuah program aplikasi yang membantu Anda dalam mengolah data angka Jika Anda membeli lisensi untuk sebuah program aplikasi ini Perusahaan Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang besar Anda bisa lihat berapa harga program aplikasi Ms. Office untuk setiap 1 unit komputer? Silakan cari di Google banyak kok. Ini adalah pilihan pemilik perusahaan dengan melihat dan mampu menganalisis apakah Anda perlu merekrut seorang programer atau membeli program yang sudah jadi atau menggunakan Ms. Excel dan membeli program yang berlisensi? semua jawabanya ada pada Anda.

Template-template laporan keuangan yang beredar di Internet atau bahkan ada yang gratis dari Microsoft Offie terkadang tidak akan sama dengan format laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan tempat Anda bekerja. Lalu bagaimana membuat laporan yang baik dan sesuai dengan keinginan pimpinan perusahaan Anda? Disinilah Anda harus menguasai program aplikasi pengolahan angka ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Semangat tetap belajar Ms. Excel.

Related

Trik Excel 1642939189098535490

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item