Diskusi tentang Excel

Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan dengan Excel 2010

excel-id.com | Laporan laba rugi merupakan hal pernting bagi perusahaan mengingat akhir dari hasil usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan dan hal ini akan diketahui oleh sebuah laporan berupa kertas yang menjabarkan apakah perusahaan tersebut memperoleh Laba ataukah sebaliknya rugi?. Sebuah laporan keuangan biasanya perusahaan produk dan jasa pada akhir bulan atau akhir tahun harus membuat sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan ini dilengkapi dengan laporan Laba / Rugi.

Seberapa Pentingkah sebuah Laporan Laba/Rugi bagi perusahaan?

Sebuah perusahaan akan berkesinambungan atau akan melanjutkan usahanya jika usaha yang dilkukannya mengalami keuntungan atau laba dan dalam prinsip ekonomi bahwa jika pendapatan lebih besar dari pengeluaran disebut untung. Lalu apa saja unsur dari laporan laba rugi perusahaan tersebut. Berikut 5 Unsur yaitu

Pendapatan dari penjualan
Dikurangi Beban pokok penjualan
Laba/rugi kotor
Dikurangi Beban usaha
Laba/rugi usaha
Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain
Laba/rugi sebelum pajak
Dikurangi Beban pajak
Laba/rugi bersih

Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukkan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya dari suatu usaha untuk suatu periode tertentu. Selisih antara pendapatan-pendapatan dan biaya merupakan laba yang diperoleh atau rugi yang diderita oleh perusahaan. Laporan laba rugi yang kadang-kadang disebut laporan penghasilan atau laporan pendapatan dan biaya merupakan laporan yang menunjukkan kemajuan keuangan perusahaan dan jga merupakan tali penghubung dua neraca yang berurutan.

Anda bisa simak bagaimana cara Membuat Neraca dengan menggunakan Excel
Berikut contoh bentuk laporan rugi laba perusahaan format Excel 2010



Pendapatan Usaha dan pendapatan usaha lain harus ditulis dan data dapat diambil dari Neraca. untuk perbandingan Anda harus menuliskan periode 2015 dan periode 2014 sebagai bahan perbandingan apakah ada kenaikan atau bahkan penurunan untuk jenis pendapatan ini. Ada juga yang dinamakan pendapatan dan biaya diluar usaha tentu hal ini juga harus dimasukan kedalam laporan keuangan laba / rugi perusahaan Anda. Untuk mengetahui kenaikan pendapatn Anda bisa kalkulasikan dengan menggunakan rumus pengurangan antara di tahun 2014 dan tahun 2015 silakan gunakan rumus =E10-K10 dan berpa pula persentasenya silakan tuliskan rumus =IF(ISBLANK(K10);0;G10/K10). Rumus ISBLANK ini boleh digunakan jika tidak juga tidak masalah namun jika tidak digunakan akan menghasilkan rumus error silakan simak Cara Menghilangkan pesan rumus Error

Biaya Operasional
Biaya operasional merupakan hal yang mutlak karena setiap kegiatan usaha tentu akan menggunakan operasional dan ini dibebankan kepada perusahaan maka dalam hal penyusunan laporan rugi laba harus dimasukan. Untuk jenis biaya operasional dalam hal laporan laga rugi adalah sebagai berikut :
  • Biaya Gaji Bagian Operasional
  • Biaya Perlengkapan
  • Biaya Transportasi
  • Biaya Akomodasi
  • Biaya Konsumsi
  • Biaya Listrik
  • Biaya Telepone
  • Biaya Air
  • Biaya Penyusutan Peralatan
  • Biaya Penyusutan Kendaraan
  • Biaya Operasional Lain-lain
Biaya Operasional ini Anda bisa ambil datanya melalui neraca saldo yang telah ditulis sebelumnya.

Biaya Administrasi dan Umum
Jenis biaya berikutnya adalah biaya administrasi. Sebuah kegiatan usaha tentu tidak terlepas dari kegiatan administrasi misalnya pembelian ATK, pembayaran gaji pegawai, penyusutan peralatan dan lain-lain.

Ok, Selamat membuat laporan keuangan laba / rugi perusahaan. Semoga perusahaan Anda tetap mendapatkan keuntungan alias LABA. dan jangan lupa sedekah. hehe.

Related

Akuntansi 3167506646442719551

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item