Diskusi tentang Excel

Rumus Excel? Ini dia TIPS nya



Sebuah pertanyaan yang sering muncul pada pengguna excel pemula ini sering terjadi ketika menyelesaikan tugas dengan banyak rumus yang harus dipakai dan hanya sedikit tingkat kemampuan menggunakan rumus excel tersebut. Hal ini terjadi pada diri saya sendiri ketika mengerjakan pengolahan data penduduk dan ketika itu saya baru mengenal Microsoft Excel. Anda bisa bayangkan betapa banyaknya data penduduk satu desa dan waktu itu jumlah penduduknya lebih dari 5000 penduduk. Dari mulai mengetikkan nama sampai kepada identitas lainnya seperti jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, status perkawinan, nomor NIK dan nomor KK harus dientri satu per satu kemudian mengolahnya menjadi sebuah sistem informasi yang dibutuhkan oleh kepala desa pada waktu itu.

Sempat terpikir oleh diri saya sendiri dan anda tentu juga akan merasa repot ketika melihat kumpulan formula yang ada di program aplikasi Microsoft Excel tersebut puluhan bahkan ratusan rumus dan tentunya semua rumus tersebut dapat difungsikan. Anda pasti berfikir betapa hebatnya orang yang bikin software pengoolahan data angka tersebut karena hampir di setiap jenis perkerjaan masih banyak yang menggunakan excel sebagai software pembantunya. Jika saya sebutkan sesuai dengan fungsinya Microsoft Excel dapat memiliki fungi diantaranya untuk menyelesaikan fungsi logika, statistik, Financial alias keuangan, pengolahan data tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Dan setiap fungsi tersebut banyak sekali rumus, lalu pertanyaannya apakah kita perlu menghapal semua rumus yang ada dalam Ms. Excel tersebut?

Sesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda Sendiri

Saya kira kalimat diatas sudah jelas jawaban atas pertanyaan perlukan kita menghapal semua rumus yang ada pada program aplikasi Microsoft Excel. Ms. Excel sebenarnya bisa dipelajari secara otodidak artinya siapapun Anda dari latar belakang apapun Anda akan mampu mempelajari excel asalkan kuncinya Anda harus sering berlatih dan langkah awal sesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda. Lalu bagaimana jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa? Nah kalo Anda seorang pelajar yang sedang mencari ilmu saya kira langkah awal adalah pengenalan dasar terlebih dahulu karena di Ms. Excel bukan hanya rumus yang harus dipelajari ada trik dan tips bagaimana mempercepat pengolahan data, bagaimana pula menggabungkan beberapa rumus sehingga menghasilkan informasi yang diharapkan. Setelah dipahami silakan sedikit demi sedikit Anda mempelajari hal-hal yang baru dan saya yakin lambat laun Anda akan menjadi seorang ahli Excel.

Bagaimana TIPS Menghapal Rumus Excel yang Panjang?

Jika Anda pernah melihat contoh rumus yang panjang bahkan sangat panjang tentu akan sangat rumit untuk membaca atau menghafalnya karena rumus excel bukanlah kalimat yang jika dibaca akan cepat hafal dan dikuasai. Ilmu excel harus dipraktekkan apabila Anda sering menggunakan maka bukan hal yang tidak mungkin sepanjang apapun rumus excel akan mudah untuk mengetiikannya tanpa melihat sumber dari internet lagi. Pada dasarnya rumus excel yang panjang hanyalah sebuah logika saja rumus tersebut sebenarnya pendek, namun karena adanya penggabungan beberapa rumus akhirnya terbentuklah rumus yang panjang dan kompleks.

Lalu bagaimana cara memahami logika untuk belajar rumus excel tersebut? Nah, langkah awal Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa operator matematika dan saya yakin ini sudah Anda pelajari ketika Anda masih sekolah atau di bangku kuliah bahwa beberapa operator matematika tersebut adalah tambah, kali, kurang, bagi, hal ini juga berlaku di Ms. Excel namun untuk membuat rumus Excel Anda harus diawali dengan tanda sama dengan. Masih ingat kan tulisan saya tentang bagaimana awal mula untuk belajar Ms. Excel dasar.

Berbicara logika Anda tentu akan kenal dengan istilah IF dalam bahasa inggris IF artinya JIKA dan ini juga berlaku di Ms. Excel. Contoh logika kehidupan jika hari ini hujan maka saya membawa paying. Contoh penerapan di Ms. Excel jika nilai sama dengan 6 maka dia dikatakan HEBAT jika kurang dari 6 maka anda TIDAK HEBAT. Lalu bagaimana rumus untuk menyelesaikan logika tersebut?

Silakan lihat contoh tulisan saya mengenai rumus fungsi IF
Kesimpulannya adalah Anda tidak perlu menghapal semua rumus karena ini akan mengakibatkan Anda pusing sendiri saking banyaknya dan lebih parah lagi Anda akan merasa malas untuk melanjutkan belajar Ms. Excel. Yang terpenting untuk bisa menguasai Excel adalah mencoba untuk mempraktekkan dan sering-seringlah praktek dalam berbagai contoh rumus excel. Jika Anda lupa silakan lihat dan cari di Internet dengan bantuan mbah google tentang apa yang akan Anda pelajari lalu catat kemudian praktekkan kembali hal ini akan mempermudah Anda mengingat.

Semoga TIPS belajar rumus excel ini bermanfaat dan selamat belajar Excel.
Silakan disimak Mudul excel untuk belajar

Related

Trik Excel 1181547413557232673

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item