Diskusi tentang Excel

Pengelompokan Baris dan Kolom dengan Group di Excel 2010

Mengelompokkan data dari sebuah database pada Ms. Excel memang belum banyak digunakan tetapi untuk para pengguna Excel profesional hal ini sangat membantu sekali dalam memanajemen data yang ada di Ms. Excel.

Pengelompokan data di Excel menggunakan fungsi Group dan hal ini bukanlah menggunakan rumus melainkan dengan menu Data yang ada di tab ribbon Outline. Pertanyaannya bagaimana cara membuat group tersebut? Berikut ini salah satu contoh bagaimana cara membuat group


Nah, dari data tersebut kita memiliki dua buah data yaitu Pembelian dan Penjualan dan keduanya memiliki rincian barang yang telah dijual dan rincian barang yang telah dibeli. Dari sini kita bisa mempunyai gambaran supaya tampilan lebih fleksibel dan terlihat profesional kita harus mengelompokkan dua data tersebut dengan menggunakan Group.

Langkah Pertama
Silakan Anda blok data rincian untuk penjualan yaitu range A2:A5 seperti berikut

Klik menu Data kemudian pilih Group


Jika sudah maka akan muncul

Silakan pilih option Row untuk group baris kemudian klik OK sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut


Silakan Anda buat group yang kedua untuk pembelian dengan cara blok range A7:A10 sehingga hasilnya group akan seperti berikut ini.


Anda bisa meminimalis group dengan menekan tombol min (-) sehingga bisa terlihat seperti berikut ini



OK, Anda bisa lihat gambar di atas hasil dari group. Anda bisa mengembangkan dengan lebih spesifik dan komplek lagi sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan di bidang pekerjaan Anda. Semoga tutorial Pengelompokan Baris dan Kolom dengan Group di Excel 2010 bermanfaat.

Selamat Belajar.

Related

Trik Excel 6804626596590979856

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item