Diskusi tentang Excel

Belajar Membuat TextBox pada UserForm

Textbox biasanya digunakan sebagai kotak isian untuk mengentri teks dengan berbagai karakter baik itu huruf, angka, tanda baca maupun spasi. Textbox ini biasanya digunakan sebagai interaktif antara data sistem yang dibuat oleh programmer VBA dengan user pengguna aplikasi excel. Textbox dalam membuat aplikasi berbasis VBA menggunakan MS. Excel sangat diperlukan misalnya saja aplikasi yang pernah saya buat yaitu

[26] Form Input Data Siswa Berbasis Excel Versi Update Maret 2015 dengan VBA
Namun saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai aplikasi, pada kesempatan kali ini saya akan berikan dasar bagaimana membuat textbox pada userform dan bagaimana mengatur penamaan, ukuran, atau lebih tepatnya merubah properti pada textbox tersebut.

Langkah membuat textbox pada UserForm
Pertama silakan buat userform, untuk yang belum tahu caranya membuat userform silakan lihat dan simak tulisan saya
[23] Pengenalan Dasar Membuat UserForm VBA Excel
Langkah berikutnya kita akan membuat salah satu textbox yaitu dengan cara menggunakan toolbox dan silakan lihat gambar berikut ini


Gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau adalah tool untuk membuat textbox. Lalu bagaimana caranya silakan klik tool textbox tersebut kemudian pada UserForm silakan klik maka textbox akan terbuat secara otomatis. Anda juga bisa dengan cara mendrag untuk menyesuaikan ukuran dari textbox tersebut.


Dari textbox yang telah dibuat diatas Anda bisa merubah ukuran dengan cara menggeser node atau kotak putih berukuran kecil yang mengelilingi textbox tersebut yang berjumlah 8 node. Atau jika Anda ingin merubah ukuran textbox tersebut dengan mengganti value dari properties nya juga bisa.

Memberi nama pada Textbox

Memberi nama pada textbox ini bisa dilakukan sesuai dengan nama yang mudah kita ingat tujuannya agar manajemen desain program yang dirancang mudah dan terstruktur. Lalu bagaimana cara merubah nama properties dari textbox1 menjadi "TXTnama". Perhatikan gambar dibawah ini tulisan awal adalah name dari properties textbox adalah "Textbox1"



Kita akan hapus nama tersebut dan menggantinya dengan nama "TXTNama" maka caranya silakan blok kemudian hapus menggunakan tombol delete pada keyboard atau backspace lalu ketikan nama yang kita tentukan seperti contoh saya adalah "TXTNama"

Mengganti Warna

Pewarnaan pada textbox dilakukan supaya textbox tersebut lebih menarik misalnya textbox tersebut secara standar berwarna tulisan hitam atau dalam propertie memiliki warna &H80000008& dan kita bisa tentukan warna tulisan misalnya warna merah Anda tinggal merubah kode warna tersebut menjadi &H000000FF&. Hal ini dilakukan dengan merubah properties Forecolor


Lalu bagaimana jika warna dasar kita rubah dari warna background putih menjadi warna hitam maka yang harus Anda lakukan adalah merubah properties BackColor dari &H80000008& menjadi &H00000000& sehingga hasilnya akan seperti berikut



Membuat ToolTip

Tooltip pada textbox dapat membantu user untuk mempermudah apakah textbox tersebut harus diisi oleh text atau angka walaupun sebenarnya Anda juga dapat membatasi hanya data angka saja yang harus dientrikan jika data huruf maka akan ditolak.

Silakan simak : [07] Cara Membuat Validasi Hanya Angka pada TexBox
Untuk membuat tooltip silakan ganti propertie dari tooltip misalnya saya contohkan "masukan data angka"


Jika Anda mengisi Control Tiptext maka hasilnya jika diarahkan mouse pad pada textbox tersebut akan muncul tulisan "masukan data angka" seperti berikut ini


Mengunci Textbox dengan Locked

Nah, cara ini biasanya dilakukan oleh programer VBA ketika akan memproteksi textbox agar tidak bisa diisi atau dientry oleh user artinya textbox tersebut sudah ditentukan isiannya. Hal ini mudah sekali Anda lakukan Anda cukup ganti properties Locked dari kondisi FALSE menjadi TRUE dan jika ini Anda lakukan maka textbox tersebut tidak bisi diketikkan data apapun.


Silakan dicoba run program tersebut dan ketikkan data pada textbox tersebut dan yang terjadi adalah Anda tidak akan bisa memasukan data apapun pada textbox tersebut.

Multiline Textbox

Apa fungsi dari multiline textbox dalam properties? jika kita lihat dari bahasanya multiline artinya banyak baris maksudnya adalah jika kita ketikkan karakter yang panjang maka secara otomatis baris tersebut akan ke bawah jika mengalami panjang yang tidak cukup. Penggunakan contoh ini Anda bisa gunakan untuk membuat alamat dengan ukuran panjang textbox yang pendek. Anda bisa merubah properties multiline yang semula FALSE menjadi TRUE silakan cari pada propertie Multiline.

Jika hal ini Anda lakukan akan mengahsilkan seperti berikut ini


Perhatikan gambar diatas, tulisan dari alamat " Jl, Mutiara No. 60 Rajagaluh Kabupaten Majalengka akan kebawah dengan sendiri secara otomatis sesuai dengan ukuran textbox nya.

ScrollBar Textbox

Membuat scrollbar pada textbox memang terkadang diperlukan ketika ada entri data yang sangat panjang namun textbox harus disesuaikan dengan ukuran artinya textbox harus berukuran 4x4 cm namun tulisan akan bisa dilihat dengan mendrag scrollbar.



Untuk bisa membuat textbox yang dapat memiliki scrollbar seperti gambar diatas Anda bisa merubah properties menjadi fmscrollbar vertical.


Yah, saya kira cukup sudah materi mengenai textbox pada userform semoga bisa membantu walaupun masih banyak yang mesti dipelajari dan Insya Allah akan saya bahas mengenai bagaimana cara coding untuk textbox.

Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Related

TextBox 2793857546251103866

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item