Diskusi tentang Excel

Solusi Excel Jika Rumus Tidak Otomatis

Bekerja dengan excel memang merupakan pekerjaan yang dapat membantu kita untuk menghasilkan rumus yang otomatis namun pernahkan Anda mengalami ketika rumus sudah dibuat dengan benar, dan ketika data Anda ganti namun hasilnya tetap tidak berubah. Coba lihat dan perhatikan rumus penjumlahan otomatis yang pernah saya bahas sebelumnya tentang Menjumlahkan otomatis Jika kita gunakan rumus seharusnya apabila ada perubahan data maka hasilnya pun akan berubah.

Kenapa harus menekan F2 baru hasilnya berubah?

Nah, hal ini telah saya alami ketika membuat rumus pembayaran iuran PGRI kecamatan Leuwimunding. Saya mengetikkan rumus pada cell I9 dengan formula =IF(B9="";"";SUM(D9:H9)) dan hasilnya seperti dibawah ini


Perhatikan rumus diatas jika saya ganti angka untuk atas nama SAIM, S.Ag. untuk SUARA DAERAH dengan angka 20.000 seharusnya jumlah menjadi 70.000 namun disini masih tetap saja dengan angka 65.000. Apakah hal ini rumus yang dimasukan salah?

Jika permasalah diatas pernah dialami tentu rumus yang dimasukan tidak salah, kenapa demikian? silakan perhatikan secara logika 20.000 + 50.000 harusnya hasilnya adalah 70.000 kenapa disini hasilnya masih tetap 65.000?


Masalah diatas memang bukan kesalahan pada rumus, namun settingan pada Excel Anda yang mengakibatkan rumus tidak otomatis menjumlahkan. Coba Anda tekan F2 pada cell I9 hasilnya akan benar menjadi angka 70.000. Lalu bagaimana jika rumus yang dimasukan sangat banyak? Anda akan merasa kerepotan karena rumus yang Anda buat tidak bekerja secara otomatis.

Solusi / Cara Mengatasi apabila Rumus tidak Otomatis

Silakan Anda tempilkan jendela Excel Option untuk di Excel 2010 silakan klik menu File kemudian cari Option


Anda akan melihat jendela Tool Option kemudian silakan pilih Formula dan ceklis Workbook Calculation menjadi Otomatis.



Jika sudah selesai silakan klik OK, sekarang silakan ganti dengan angka berapa saja maka jumlah dengan rumus =IF(B9="";"";SUM(D9:H9)) akan secara otomatis bekerja dan berubah sesuai dengan angka yang diinputkan.

Ok, sekarang Anda sudah tahu solusi kenapa rumus tidak bekerja secara otomatis dan Anda juga tidak repot menkan tombol F2 secara terus menerus selama rumus masih ada agar hasilnya sesuai. Karena Anda sudah bisa mensetting cara menjadikan rumus bekerja secara otomatis.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related

Trik Excel 279129308609326647

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item