Diskusi tentang Excel

Membuat Daftar Harga Diskon pada Excel

Bagaimana cara membuat daftar harga diskon dengan excel untuk menentukan harga setelah disekon? Menentukan harga diskon memang sudah merupakan suatu teknik promosi dalam bisnis penjualan barang. Harga diskon bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang menaikkan harga dulu baru di diskon atau munkin harga tetap kemudian di diskon karena hal ini dilakukan untuk memperoleh target penjualan saja.

Menghitung diskon dengan excel tidaklah sulit karena kuncinya adalah berapa persen harga barang tersebut akan di diskon? Jika kita lakukan secara sederhana untuk menentukan harga setelah diskon memang cukuplah mudah biasanya kita tentukan untuk setiap jenis barang apapun kita beri diskon 2% dan itu merupakan ketentuan berlaku untuk setiap barang jika hanya barang tertentu maka jika harus menggunakan fungsi IF kondisi.

Silakan simak juga bagaimana cara menentukan diskon penjualan
Langsung saja berikut saya memiliki contoh tabel yang terdiri dari 10 daftar nama barang berikut harganya yang belum kena diskon.

Bisa kita lihat di kolom E tepatnya pada cell E6 kita akan mencari berapa diskon untuk harga Kabel komputer jika harga normalnya adalah 20.000? dengan ketentuan diskon 2% yang diambil dari cell F4 maka kita buatkan rumus

=D6*$F$4
Copykan rumus tersebut kebawah untuk melihat hasil dari setiap diskon barang.


Dari rumus tersebut akan diperoleh untuk masing-masing setiap harga barang setelah diskon adalah sebagai berikut
    400
 7.000
 1.500
 9.000
 1.400
 3.000
 3.200
 5.200
 4.000
 8.000

Lalu bagaimana jika kita akan rubah diskonnya menjadi 5%? Anda cukup mengganti angka saja pada cell F4 maka secara otomatis harga hasil diskon akan diperoleh dengan sendirinya.

Langkah berikutnya kita akan mencari harga setelah diskon maka cukup mudah tinggal harga sebelum diskon dikurangi jumlah diskon maka disini kita akan membuat rumus =D6-E6 dan hasilnya adalah 19.600 karena diskon 2% dari Rp. 20.000 adalah hasilnya 400 maka akan diperoleh harga hasil diskon Rp. 19.600.

Silakan gunakan rumus =D6-E6
Hasilnya adalah kita akan memperoleh data seperti gambar berikut ini



Demikian, bagaimana cara membuat dagyat harga diskon pada Ms. Excel semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related

Trik Excel 3789934747194198471

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item