Diskusi tentang Excel

Rumus IF Excel Cara Saya

Rumus IF Ms. Excel cara saya ini berbeda dengan rumus excel yang pernah ada, berbeda disini artinya bukan rumusnya yang berbeda melainkan saya akan coba menggunakan rumus IF dengan bantuan VBA. Rumus if yang pernah saya bahas sebelumnya merupakan rumus logika dimana rumus tersebut akan menghasilkan data dengan kondisi tertentu.

Silakan simak
Rumus IF excel beserta Contohnya

Beberapa contoh lain yang pernah saya bahas juga tidak jauh berbeda misalnya penggabungan rumus IF dan OR atau AND. Cara yang saya gunakan kali ini adalah bagaimana membuat rumus dengan VBA dan kita gunakan satu buah tombol untuk membuat rumus IF tersebut.

Masalah :
Misalkan kita memiliki data yaitu di cell B1 dan B2 yaitu B1=200 dan B2=5 dari data tersebut saya mempunyai kondisi sebagai berikut :

"Jika di cell B1 berisi data 0 atau dikosongkan, maka tuliskan pada cell aktif adalah 0, jika di cell B2 bernilai < dari 1 maka tuliskan #N/A dan kondisi ketiga adalah B1 dibagi dengan B2."

Dari kondisi seperti tersebut diatas tentu untuk menuliskan rumus IF cukup mengetikkan rumus

=IF((OR(B1=0;B1=""));0;IF(B2<1;"#N/A";(B1/B2)))
Nah, rumus tersebut akan menghasilkan angka 40 lihat contoh rumus berikut ini


Nah, lalu bagaimana jika kita kolaborasikan dengan VBA seperti yang tadai saya bilang? Anda tinggal masuk ke VBA editor kemudian pada object Sheet1 tuliskan coding berikut

Sub RumusIf()
ActiveCell.Formula = "=IF((OR(B1=0,B1="""")),0,IF(B2<1,""#N/A"",(B1/B2)))"
End Sub
Jika sudah kembali masuk ke worksheet dan buat satu buah commandbutton dari menu Developer kemudian arahkan macro name ke Sheet1.RumusIf lalu silakan klik OK dan coba klik tombol tersebut maka secara otomatis rumus akan terbuah dengan sendirinya hanya dengan satu kali klik.

Rumus IF tersebut akan dibuat sesuai dengan dimana cell yang aktif


Perhatikan ada beberapa angka 40 pada gambar diatas itu merupakan hasil dari berpindah-pindah cell yang aktif kemudian tombol Button1 diklik maka hasilnya dimanapun cell yang aktif jika Anda tekan tombol maka rumus IF akan berfungsi.


Nah, itulah rumus IF pada excel cara saya, sepertinya sangat mudah dan simpel lalu gimana cara kamu? silakan berkreasi dan semoga bermanfaat.

Simak :
Rumus SUMIF dengan VBA

Related

Rumus Excel 1838660281934264080

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item