Diskusi tentang Excel

Penjelasan Rumus SUMIF Disertasi Contoh

Apa seh yang dimaksud rumus SUMIF dan bagaimana contoh penggunaan rumus tersebut pada Ms. Excel? Rumus ini sering digunakan dalam excel karena merupakan salah satu rumus sangat mendasar ketika mengolah data pada Ms. Excel.

Syntax rumus SUMIF
=SUMIF(Range,Kriteria,SumRange)

Bagaimana Contoh Penggunaan Rumus SUMIF?

Rumus SUMIF biasanya digunakan untuk menghitung jumlah dengan kriteria tertentu dalam range. Jika kita contohkan dalam kehidupan sehari-hari dalam pekerjaan misalnya kita mempunyai data tabel penjualan, nah untuk menghitung berapa jumlah terjual untuk nama barang tertentu tersebut?

Berikut contoh tabel penjualan dengan rumus SUMIF


Dari tabel diatas terlihat ada 5 buah transaksi penjualan dengan masing-masing nama barang yang terjual disertai dengan jumlah barang terjual.

Lalu misalnya kita akan mencari tahu berapa jumlah barang yang terjual untuk Shampo Clear tersebut?

Silakan tuliskan rumus
=SUMIF(C2:C6,"Shampo Clear",D2:D6)
Hasilnya adalah : 11


Lalu berapa bagaimana cara menghitung berapa jumlah Shampo Clear? Untuk menghitung dengan kriteria tertentu rumus yang digunakan rumus COUNTIF. Untuk materi ini sudah saya bahas sebelumnya dan silakan lihat

Menghitung jumlah siswa laki-laki dengan COUNTIF

Saya kira rumus ini sudah banyak digunakan sehingga tidak asing lagi bagi para pengguna Excel, Lalu bagaimana cara menghitung jumlah Sabun Give yang terjual? dan Pantene. Silakan Anda tuliskan rumus yang sama dengan rumus diatas dan ganti kriteria untuk menentukan pencariannya.


=SUMIF(C2:C6,"Pantene",D2:D6)
hasilnya adalah :  5

=SUMIF(C2:C6,"Sabun Give",D2:D6)
Hasilnya adalah : 3


Contoh Penggunaan Rumus SUMIF dengan VBA

Bagi pecinta coding VBA ada cara untuk menyelesaikan rumus SUMIF dengan VBA dan caranya yaitu silakan buat satu buah Module kemudian ketikkan coding berikut

Sub RumusSUMIF()
Dim Hasil As Range
Set Hasil = Sheets(1).Range("D8")
    Hasil = Application.SumIf(Range("C2:C6"), "Shampo Clear", Range("D2:D6"))
End Sub
Keterangan :
Set Hasil = Sheets(1).Range("D8") merupakan hasil dari rumus SUMIF akan dituliskan di cell D8
Hasil = Application.SumIf(Range("C2:C6"), "Shampo Clear", Range("D2:D6")) ini berarti sama kita menuliskan rumus =SUMIF(C2:C6,"Shampo Clear",D2:D6).

Silakan lebih mudah mana dengan rumus biasa atau menggunakan VBA?

Selamat mencoba.

Related

Rumus Excel 3474390075895960716

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item