Diskusi tentang Excel

Cara Membuat Pesan Ketika Berpindah Cell / Range

Pesan yang tampil merupakan hasil dari prosedur perpindahan object sheet / worksheet artinya ketika Anda menggeser pointer yang aktif diantara cell atau range yang sudah diberi kode VBA maka pesan akan muncul dengan sendirinya dan isi dari pesan tersebut bisa kita modifikasi sesuai dengan keinginan.

Rasanya sangat keren kita bisa membuat pesan secara otomatis ketika user memindahkan cell yang aktif. Namun bagaimana caranya? Kali ini saya akan coba membuat sebuah object sheet dimana saya pilih sheet1 dan prosedure adalah selectionchange.

Langsung saja begini cara membuat pesan ketika berpindah cell / range
Langkah pertama silakan masuk ke VBA dan pilih excel object pada Worksheet1 kemudian prosedur pilih SelectionChange.


Setelah itu Anda tambahkan code dibawahnya sehingga hasilnya adalah sebagai berikut
Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
MsgBox "Hai, Ini adalah kode VBA", vbInformation, "Informasi"
End Sub
Simak :
Contoh Pesan Peringatan dengan VBA / Macro

Jika sudah selesai silakan jalankan program Anda maka coba Anda masuk ke sheet 1 dan coba pindahkan atau klik maka setiap ada perubahan atau pemilihan cell yang aktif maka munculah pesan "Hai, Ini adalah kode VBA"


Gimana, mudah kan? silakan berkreasi dan semoga artikel ini bermanfaat oia untuk yang ingin koleksi pesan dengan macro atau kode VBA silakan simak tulisan saya

Cara Membuat Pesan dengan Macro



Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item