Diskusi tentang Excel

Contoh Tombol Hapus Data dari Database dengan VBA Excel

Menghapus data dari database merupakan salah satu pengeolahan data yang standar dibuat oleh seorang programer VBA. Karena menghapus data sangat penting ketika data tidak dibutuhkan untuk itu saya akan membagikan bagaimana cara menghapus data dari database.

Pada tutorial ini sebenarnya ada kaitannya dengan tutorial saya pada cara membuat tombol simpan disertai coding nya. Silakan yang belum tahu dan ingin belajar lihat caranya pada link dibawah ini

Contoh Tombol Simpan dengan coding VBA
Tombol hapus data yang saya maksud adalah bagaimana membuat data yang telah dientri ke dalam database melalui tombol Simpan yang pernah saya bahas beberapa hari yang lalu dan tentunya jika sudah disimpan ke dalam database user tidak perlu lagi untuk masuk ke worksheet melainkan programer harus menyediakan salah satu tombol untuk menghapusnya.

Tutorial Membuat Tombol Hapus Data dari Database.

Sebenarnya untuk membuat hapus data Anda harus memahami logika algoritma seperti kata para master excel namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang hal tersebut. Anda bisa cari materi lain di internet yang membahas sumber mengenai masalah tersebut.
Untuk bisa membuat tombol hapus data dari database saya mempunya Form yang sudah jadi dan mudah-mudahan dengan tampilan form ini akan ada gambaran buat Anda untuk melangkah kedalam pembuatan coding atau script VBA nya.

Berikut contoh userform yang sudah disertai tombol Hapus Data.


Dari tampilan tersebut kita akan menghapus data dan apabila tombol Hapus kita klik maka muncul peringatan atau konfirmasi bahwa data tersebut akan dihapus. Penghapusan disini maksudnya bukan menghapus semua data tetapi kita akan mencari data yang akan dihapus kemudian jika ketemu data tersebut dan apabila Anda klik tombolnya maka data atau record yang dipilih akan dihapus.

Kenapa kebanyakan sebuah aplikasi baik itu berbasis VBA atau aplikasi lainnya seorang proggramer memberikan pesan konfirmasi penghapusan data? Hal ini bertujuan untuk mengingatkan user atau pengguna apakah data yang dipilih benar-benar akan dihapus karena jika sudah terlanjur user tidak bisa mengembalikan data tersebut kembali.

Konfirmasi pesan penghapusan seperti apa yang dimaksud?
Saya memiliki sebuah pesan untuk konfirmasi kepada user jika user telah mengklik tombol hapus maka muncul pesan seperti berikut ini



Ketika data ditemukan dan dipilih oleh user maka muncul sebuah pesan seperti diatas, jika dipilih No proses penghapusan dibatalkan tetapi jika pilih Yes maka proses penghapusan dilakukan. Lalu bagaimana coding untuk membuat hapus record data tersebut?
Proses penghapusan tentunya data tersebut hapus sudah dientri dan masuk ke dalam database jika Anda data akan dihapus berarti Anda harus mencarinya. Silakan simak tutorial saya mengenai
Script Cari Data Siswa

Ini contoh coding hapus Record Data dengan VBA

Inilah contoh coding untuk membuat hapus data yang saya maksud

Private Sub TombolHapusSOpir_Click()
On Error GoTo TerjadiKesalahan
Dim PEsan As String
Dim Ws As Worksheet
Set Ws = Worksheets("DataSopir")

Dim shtSeason As Worksheet
Dim c As Range
If IDSopir.Value = "" Then
MsgBox "Silakan Cari ID Sopir Terlbih Dahulu", vbInformation, "Info"
IDSopir.SetFocus
Else

PEsan = NamaSopir.Text + " - Akan dihapus dari database, Anda yakin? "
If MsgBox(PEsan, vbQuestion + vbYesNo, _
"Konfirmasi Penghapusan") = vbYes Then

Set shtSeason = Sheets("DataSOpir")
Set c = shtSeason.Columns(1).Find(IDSopir.Text)
c.Resize(, 13).Delete Shift:=xlUp
MsgBox "Data Berhasil Dihapus", vbOKOnly
Call KosongkanSopir
End If
End If
TerjadiKesalahan:
IDSopir.Value = ""
End Sub

Kemunculan pesan konfirmasi penghapusan data record disini Anda harus menyisipkan perintah seperti yang telah dituliskan diatas. Dan jika Anda pilih Ya maka muncul pesan "Data berhasil dihapus".

Jika penghapusan data berhasil maka Anda harus mengosongkan textbox dengan cara menambahkan Module KosongkanSopir. dan saya lampirkan juga coding KosongkanSopir untuk data yang ada pada textbox.

Module Untuk Mengosongkan Data jika Hapus Berhasil
Sub KosongkanSopir()
With DataUtama
    .IDSopir.Value = ""
    .NamaSopir.Value = ""
    .TempatLahirSopir.Value = ""
    .TglLahirSopir.Value = ""
    .BlnLahirSopir.Value = ""
    .ThnLahirSopir.Value = ""
    .UmurSopir.Value = ""
    .KelaminSopir.Value = ""
    .AgamaSOpir.Value = ""
    .HPSopir.Value = ""
    .AlamatSopir.Value = ""
    .NIKSopir.Value = ""
    .SIMSOpir.Value = ""
End With
End Sub
Jika Anda mengerti tentang VBA / Macro Excel tentunya hal ini sudah tidak asing lagi maksud dari coding diatas namun jangan khawatir saya akan menjelaskan salah satu maksud dari script VBA diatas

.IDSopir.Value, merupakan Name dari sebuah textbox Anda bisa merubahnya dengan nama lain sesuai dengan keinginan pada properties di VBA editor. Jika ingin sesuai dengan contoh buatan saya ini Anda harus mengganti setiap Name textbox yang sesuai dengan coding diatas.

Selamat mencoba.

Related

Macro Excel VBA 6971173537439578505

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item