Diskusi tentang Excel

Rumus dan Cara Menghitung Nilai IPK (Index Prestasi Kumulatif)

Cara menghitung nilai IPK tidaklah sulit bagi mereka yang berprofesi sebagai dosen tetapi bagi Anda sebagai mahasiswa ingin mengetahui darimana nilai IPK Anda dapatkan?. IPK atau sering disebut dengan IP (Index Prestasi) merupakan alat ukur untuk mengetahui prestasi mahasiswa di bidang akademik. Besar atau tinggi nya IPK ditentukan dari nilai yang diberikan oleh setiap dosen mata kuliah dan dikumulatifkan.

Bagaimana caranya menghitung nilai IP menggunakan Ms. Excel?

Misalnya saya memiliki data tabel nilai dari salah satu mahasiswa sebagai berikut :




Dari data diatas kita bisa menghitung nilai mutu dan nilai muti tersebut diperoleh apabila nilai A maka 4 x jumlah SKS, apabila nilai B maka 3 x jumlah SKS, apabila nilai C maka 2 x jumlah SKS dan nilai D maka 1 x jumlah SKS.

Dari data diatas dapat diperoleh rumus IF. Maka di cell E5 silakan ketikkan rumus =IF(D5="A";4;IF(D5="B";3;IF(D5="C";2;1)))*C5

Silakan tarik ke bawah sampai semua mata kuliah dan hasilnya akan otomatis seperti tabel nilai IPK diatas. Untuk mengisi nilai IPK kita gunakan rumus E15/C15 artinya 394/113 adalah 3.49. Jadi nilai IPK Anda adalah 3.49.

Indeks prestasi kumulatif adalah rata-rata nilai kasar berdasarkan nilai huruf yang Anda dapatkan setiap semester. Setiap nilai huruf mempunyai nilai numerik dari 0-4 atau 5 poin, tergantung pada skala yang digunakan oleh institusi Anda. Sekolah juga memeriksa nilai IPK saat Anda mendaftar ke perguruan tinggi atau kelulusan

Apa yang dimaksud dengan SKS?

Satuan kredit semester selanjutnya disingkat sks, adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester, baik melalui kegiatan perkuliahan terjadwal, praktikum, kerja lapangan ataupun kerja mandiri.

Biasanya setiap perguruan tinggi menentukan syarat-syarat kelulusan untuk meluluskan mahasiswa binaanya dan ini tentunya setiap perguruan tinggi akan berbeda cara menentukan kelulusan tersebut namun tetap harus mengikuti prosedur peraturan yang berlaku di negara kita.

Demikian, semoga bermanfaat dan sekarang Anda mengetahui bagaimana cara menghitung nilai IPK (Index Prestasi Kumulatif).

Selamat Belajar.

Related

Trik Excel 6431457041825667010

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item