Diskusi tentang Excel

#3 Cara Saya Menampilkan Angka Nol di Excel

Pernahkah Anda mengetikkan nomor HP atau sebuah pengkodean dari suatu barang, jika Anda pernah mengetikkan nomor HP di Ms. Excel yang dimulai dengan angka Nol saya yakin angka Nol tersebut tidak akan tampil setelah Anda tekan enter atau berpindah pointer / alamat cell. Kenapa bisa terjadi demikian?

Suatu permasalahan yang saya rasa cukup sederhana namun masih ada orang pengguna Excel yang masih belum mengetahui tentang cara mengatasi angka nol yang hilang jika dituliskan di awal sebuah angka. Pekerjaan atau entri data yang sering dilakukan ketika angka nol hlang di awal angka adalah ketika Anda mengetikkan nomor HP (Handphone). Banyak orang yang bingung sampai dilakukan beberapa kali bahkan menghapus semua angka tersebut namun setelah berganti alamat cell angka nol tersebut masih tetap hilang.

Cara menampilkan angka nol pada nomor HP yang hilang di Ms. Excel ini mungkin akan kesulitan bagi Anda yang belum tahu trik dan tipsnya padahal bagi mereka yang sudah mengetahuinya hal ini tidaklah masalah. Dalam hal ini ada 3 cara / tips yang bisa dilakukan dan apa saja cara-cara tersebut?

3 Cara Saya Menampilkan Angka Nol pada Nomor HP Excel

Ada 3 cara yang saya pakai untuk menampilkan angka yang hilang pada penulisan nomor HP yang dikerjakan dengan menggunakan Ms. Excel dan ke-3 cara tersebut sudah diuji coba dan ternyata berhasil, lalu apa sajakah cara tersebut?

#Cara 1

Menggunakan tanda string (') sebelum penulisan angka

Cara ini memang banyak dilakukan oleh setiap pengguna Ms. Excel dimana sebelum menuliskan angka contohnya nomor HP yang diawali dengan angka nol tersebut sebelumnya harus mengetikkan atau menambahkan string

Contoh:
Penulisan Nomor HP : 081222888111

Jika Anda melakukan penulisan nomor HP tersebut pada alamat cell tertentu saya yakin jika Anda enter akan menghasilkan angka atau nomor HP 81222888111


Dari gambar diatas sebenarnya saya tulisakan angka 081222888111 dan apa yang terjadi hasilnya adalah seperti terlihat pada gambar diatas namun jika saya tambahkan tanda / string sebelum angka nol tersebut maka saya tulisakan menjadi '081222888111 hasilnya akan benar perhatikan gambar dibawah ini


Simak :
Cara Conversi Text ke Dalam Format Number
#Cara 2

Merubah Format Cell dengan Format Sendiri (Costum)

Cara ini biasanya dilakukan setelah daftar nomor HP sudah diketikkan sehingga jika saya pakai cara ke-1 maka saya yakin Anda akan kewalahan dengan menambahkan string dan mengeditnya satu per satu bisa dibayangkan jika jumlah data yang diketiikan berjumlah 1000 data nomor HP. Langkah ini harus Anda gunakan yaitu dengan cara misalnya saya sudah memiliki nomor HP sebagai berikut :


Langkah yang harus dilakukan untuk menambahkan angka nol atau menampilkan angka nol pada nomor HP yang sudah dituliskan adalah :

  1. Blok data nomor HP yang akan ditampilkan angka nol nya
  2. klik kanan kemudian pilih Format Cell
  3. Pada tab Number pilih Custom
  4. Pada Type Text tuliskan "0"#

Akhiri dengan klik OK dan lihat hasilnya akan menjadi seperti berikut ini



#Cara 3

Dengan Format Text

Cara ketiga merupakan cara dimana cara ini akan merubah alamat cell menjadi format text. Biasanya sebelum mengetikkan nomor HP yang diawali dengan angka nol maka Anda format terlebih dahulu range atau cell yang akan dituliskan atau diketiikan dengan nomor HP tersebut.

Pelajari Juga:
Berbagai Jenis Format Cell pada Ms. Excel

  1. Blok alamat cell / range yang akan diisi atau dituliskan nomor Handphone
  2. Klik Kanan pilih Format Cell
  3. Pada tab Number silakan cari Text

Jika sudah selesai klik OK dan silakan Anda mulai mengetikkan nomor HP maka saya yakin angka nol akan tampil dengan sendirinya dan tidak akan hilang setelah Anda berpindah alamat cell / pointer

Perhatikan gambar diatas ketika Anda mengetikkan nomor HP dan menekan enter hasilnya angka nol tidak akan hilang namun ada segitiga warna hijau pada setiap alamat cell yang terisi angka tersebut hal ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related

Trik Excel 7236135051408167684

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item