Diskusi tentang Excel

Cara Jitu Filter Data dengan Kriteria Tertentu pada Excel 2010

Memfilter data pada suatu database merupakan hal yang sering ditemukan ketia kita mengolah database menggunakan Ms. Excel sebagai program aplikasi pengolahan datanya. Flter data berdasarkan kriteria tertentu mempermudah pengelompokan data dengan tujuan data yang tampil hanya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Pengolahan database sepertinya masih banyak yang belum memahami, hal ini dikarenakan masih banyak orang yang enggan mengolah database karena jika kita lihat secara sepintas jumlah data yang ribuan atau bahkan ratusan ribu membuat kepala kita menjadi pening. Sebagai seorang operator komputer atau pengguna Ms. Excel tentunya hal ini sudah tidak asing lagi namun untuk pemula saya kira hal ini wajib untuk dipelajari.

Bagaimana Cara Filter Database di Ms. Excel?

Bisa dibayangkan apabila kita memiliki data yang beragam dalam satu database lalu kita mencari dan melihat data tertantu saja misalnya saya memiliki database daftar nama sekolah yang disertai dengan database pegawai kemudian kita akan mengelompokan atau memfilter data dengan kriteria unit kerja. Berikut salah satu contoh database yang akan kita filter datanya berdasarkan kriteria nama unit kerja.



Pada tabel database diatas coba Anda lihat kolom I dimana kolom I adalah kolom tempat tugas dan data tempat tugas tersebut terdiri dari berbagai tempat tugas misalnya ada tempat tugas yang dari SMA PGRI 1 Majalengka ada juga dari SMAN 1 Bantarujeg dan jika kita lihat ke bawah database yang saya punya ada terdiri dari lebih dari 500 baris data.

Baca:
Cara Mengurutkan Data (Sort)

Lalu bagaimana cara memfilter supaya data yang tampil hanya SMA PGRI 1 Majalengka saja? Nah, ini berarti kita harus filter data berdasarkan kriteria SMA PGRI 1 Majalengka dan silakan klik menu Data kemudian aktifkan Filter


Setelah kita aktifkan filter maka secara otomatis setiap kolom yang berada pada baris pertama worksheet ada tanda berupa segitiga warna hitam seperti yang ditunjukan oleh anak panah diatas. Nah disinilah kita mencoba memilih kriteria apa yang akan kita filter.

Sekarang silakan klik segitiga yang ada pada kolom tempat tugas maka akan tampil seperti berikut


Ada beberapa nama sekolah diatas dan tampaknya semuanya terceklist karena data yang ditampilan tidak di filter ( data tampil semua tanpa kriteria ) Untuk menampilkan sesuai dengan kriteria yang kita inginkan misalnya saya akan menampilkan salah satu nama sekolah yaitu SMA PGRI 1 MAJALENGKA maka silakan buang terlebih dahulu semua seklist dan silakan ceklist salah satu yang Anda pilih sebagai kriteria filter datanya.



Jika Anda sudah menentukan kriteria yang Anda inginkan maka langkah selanjutnya silakan klik OK untuk mengakhirinya kemudian silakan lihat hasilnya


Hasilnya adalah semua data dengan kriteria SMAN PGRI 1 MAJALENGKA akan tampil dan sisanya akan disembunyikan. Cukup mudah dan sangat simpel dan sampai disini Anda sudah bisa memfilter data dengan kriteria tertentu pada Ms. Excel

Cara Mengembalikan Filter Data

Setelah Anda bisa membuat filter data dengan kriteria tertentu pada Ms. Excel lalu bagaimana caranya jika data tersebut akan ditampilkan semua kembali seperti semula? hal ini mungkin ada beberapa pengguna Ms. Excel yang masih kebingungan lho data saya hilang sebagian bagaimana cara menampilkannya kembali? Sebenarnya bukanlah hilang seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa sebagian data akan disembunyikan karena adanya filter data dengan kriteria tertentu dan untuk mengembalikan nya kembali caranya hampir sama seperti diatas dan Anda

Anda tinggal pilih Select All kemudian Anda klik OK kemudian hasilnya data akan tampil semua tanpa adanya filter.

Cara menyaring data / filter ini berlaku untuk berbagai kriteria dan suport dengan office versi berapapun namun saya belum coba dengan versi excel paling bawah.

Baca Juga :
Cara Mengurutkan Data Secara Acak di Excel
Pada kasus sehari-hari di dunia kerja banyak jenis filter data dengan kriteria tertentu misalnya bagaimana cara memfilter data dengan kriteria jenis kelamin, berdasarkan kota, berdasarkan jumlah penghasilan, berdasarkan umur, berdasarkan, golongan, berdasarkan besarnya gaji, berdasarkan masa kerja dan masih banyak lagi lainnya. Namun hal ini tidak menjadi kendala karena contoh diatas sudah dapat mewakili bagaimana cara filter data pada Ms. Excel.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Related

Trik Excel 6358823077826426137

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item