Diskusi tentang Excel

Cara Terbaik Menghitung Persen (%) Disertai Contoh Lengkap



Bagaimana seh cara menghitung persen (%) yang benar itu? Baik, sebelum kita bahas bagaimana cara menghitung persen tersebut terlebih dahulu kita mesti mengetahui apa seh sebenarnya persen tersebut? Persentase atau dapat disimbolkan dengan % merupakan perhitungan matematis untuk mengetahui perbandingan atau bisa dikatakan rasio untuk menghasilkan pecahan per seratus. Ada juga yang bilang untuk mempermudah perhitungan persentase adalah " Perseratus ".

Persentase (%) dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali digunakan dan ini merupakan perhitungan yang sangat penting dan yang lebih real kita lihat adalah perhitungan bunga bank. Ya, benar sekali ada banyak orang yang berhubungan dengan bank dan paling banyak adalah layanan berupa pinjaman entah itu bank berskala besar atau lembaga keuangan lainnya (non bank). Msyarakat saat ini harus lebih pintar memilih lembaga keuangan bank maupun non bank yang memberikan pinjaman dan tentunya kita harus bisa memilih mana yang terbaik untuk menganalisa tingkat kemampuan membayar cicilan pinjaman tersebut. Untuk bisa menganalisa salah satunya kita mesti bisa menghitung berapa bunga bank yang diberikan per tahun.

Simak :
Membuat Daftar Harga Diskon dengan Persentase
Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara terbaik menghitung persentase (%) dan saya akan memberikan beberapa contoh atau kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa hubungannya antara materi persentasi ini dengan Excel? Ada, karena bagaimanapun juga jika Anda sebagai pengguna excel dalam hal keuangan ataupun analisis saya yakin perhitungan persentase akan selalu ada.

Contoh Persentase dalam menghitung bunga kredit bank

Jika Anda hendak meminjam modal usaha melalui bank penyedia layanan pinjaman tentunya Anda harus mengetahui berapa persentase pinjaman yang diberikan selama setahun dan Anda harus bisa menghitung sendiri karena hal ini sangat penting sebagai pertimbangan setelah Anda menganalisis keuangan sebelum melangkah ke usaha Anda.

# Contoh Soal 1
Jika Ada meminjam modal usaha ke bank sebesar Rp. 10.000.000 dengan bunga 7% per tahun berapa uang yang harus Anda setorkan setiap bulan jika jangka waktu cicilan Anda adalah 2 Tahun?

Jawaban :
Uang Yang dipinjam adalah Rp. 10.000.000 dengan bunga 7% per tahun maka bunga yang harus dibayarkan adalah 10.000.000 x 7% = 700.000. Jika menggunakan excel atau kalkulator hal ini sangatlah mudah karena sudah otomatis menghitung, namun secara logika cara menghitungnya adalah 10.000.000 x 7 dibagi 100 maka hasilnya akan sama yaitu 700.000.
Karena jangka waktu pinjaman adalah 2 tahun atau 24 bulan maka bunga yang harus dibayar selama jangka waktu pinjaman tersebut adalah 700.000 x 2 = 1.400.000. Jika cicilan per bulan adalah pokok + bunga maka kita bisa menghitung 10.000.000 + 1.400.000 dibagi dengan 24 bulan dan hasilnya adalah 475.000

Setelah Anda mengetahui cicilan per bulan selama 24 bulan tentunya Anda harus bisa menganalisa keuangan usaha Anda harus bisa menyisihkan uang sebesar Rp. 475.000 sebagai cicilan ke bank pinjaman modal usaha Anda.

Ada beberapa Bank dan kebanyakan Koperasi atau lembaga keuangan lainnya (non bank) yang menyediakan berbagai modal bunga antara lain bunga menurun, bunga Flat dan bunga Tetap. Dan sebaiknya Anda menyakan terlebih dahulu bunga apa yang akan Anda gunakan.

Cara Menghitung Persentase (%) untuk Volume

# Contoh Soal 2
Pada contoh ke-2 kali ini saya akan memberikan bagaimana cara menghitung berapa persen tambahan volume air dalam ember. Misalnya satu buah ember berisi air sebanyak 250 ml air jika saya tambahkan 75 ml air berapa % penambahan volume air tersebut?

Jawaban :
Untuk menghitung berapa persen volume air kita gunakan 75/250 maka hasilnya adalah 0.3 jika di persenkan adalah 30% jadi volume penambahan air adalah 30% lalu bagaimana jika kita gunakan rumus excel untuk menghitungnya?


Dari rumus diatas menghasilkan angka 0.3 bagaimana jika kita konversi kedalam persen (%) kita gunakan format persen yang ada di tab ribbon silakan klik



Hasilnya adalah 30%.


#Contoh Soal 3
Jika Anda memiliki data jumlah laki laki sebanyak 250 orang dan jumlah perempuan sebanyak 755 orang jika di persentasekan berapa persen untuk jumlah laki-laki dan berapa persen untuk jumlah perempuan?

Jawaban :
Sebelum mengetahui berapa persen dari masing-masing jenis kelamin terlebih dahulu kita jumlahkan antara jumlah laki-laki dan jumlah perempuan
250+755 = 1005 orang jumlah 1005 orang jika di persentasekan artinya harus bernilai 100% dan jika kita hitung untuk jumlah laki-laki 250/1005 hasilnya adalah 0.248756218905473 dan untuk jumlah perempuan adalah 755/1005 hasilnya adalah 0.751243781094527

Jika dalam Excel caranya yaitu sama dengan contoh ke-2 diatas silakan lihat ilustrasi gambar persentase dibawah ini dengan menggunakan excel


Silakan Anda klik tanda % pada tab ribbon tapi sebelumnya silakan blok terlebih dahulu range C2:C4 maka hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini


Lalu bagaimana contoh jika kita akan membuat diskon pada penjualan?
Silakan baca :
Cara Membuat Rumus Diskon Penjualan
Ok, demikian bagaimana cara terbaik menghitung persentase (%) disertai dengan beberapa contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari semoga dapat membantu silakan kembangkan dan berkomentar jika tidak memahaminya.


Related

Trik Excel 2427169149402296882

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item