Diskusi tentang Excel

Simulasi UN Berbasis Komputer (UNBK) 2015/2016 Versi Excel

Excel-id.com - Wow tinggal beberapa hari lagi ke depan pelaksanaan Ujian Nasional akan diselenggarakan untuk tingkat SMA/SMK, SMP maupun SD. Khusus kepada adik-adik siswa calon peserta Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2015/2016 mestinya disiapkan dari sekarang dalam menghadapinya nanti. Ya diharapkan semuanya pada lulus dan tentunya mendapatkan predikat baik. Banyak materi pelajaran yang bisa kamu ambil sebagai kisi-kisi Ujian Nasional nanti dan tentunya harus dibaca dan dipahami dari sekarang sebagai bahan latihan untuk adik-adik. Jangan sampai pada akhirnya menyesal karena tidak lulus atau mendapatkan nilai yang sangat kecil karena pelaksanaan UN hanya sekali selamat masa pendidikan Anda.

Jika kita lihat penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Simulasi UN Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2015/2016 berbasis Excel

"Gagasan Baik yang Terlambat" mungkin inilah yang pantas saya ucapkan untuk sendiri kenapa demikian? maksudnya sebenarnya saya sudah punya ide untuk membuat latihan atau simulasi UNBK Online tentu berbasis Excel sebagai latihan saja namun apalah daya waktu saya di dunia nyata tidak bisa ditunda karena ada beberapa tugas yang harus diselesaikan sehingga rencana pembuatan untuk Aplikasi Simulasi UNBK belum selesai saya garap.

Seperti kata Menteri Kemendikbud jangan memaksakan bagi sekolah yang belum siap untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kalo sekolah tersebut belum siap apalagi biaya pelaksanaan atau penyewaan atau bahkan pengadaan untuk kegiatan UNBK tersebut dibebankan kepada orang tua peserta didik. Arti siap tersebut banyak ragam dan jenisnya misalnya Komputer di sekolah sudah siap namun akses internet masih lambat, nah... ini juga salah satu kendala yang saya kira paling krusial bagaimana tidak, ketika siswa sudah siap tiba-tiba akses internet lemot pada akhirnya waktu test sudah habis. Jadi siapa yang salah?.

Bahkan Kemdikbud menyampaikan 3 hal penting terhadap pelaksanaan UNBK tahun 2015/2016
  1. UNBK hanya diselenggarakan pada sekolah yang sudah siap baik dari infrastruktur, SDM, maupun peserta. Infrastruktur sejauh mungkin memanfaatkan laboratorium komputer yang ada di sekolah.
  2. Sekolah calon penyelenggara UNBK pada tahun 2016 tidak diperkenankan untuk memaksakan diri membeli/menyewa komputer dengan membebani orang tua siswa.
  3. Bagi sekolah calon penyelenggara UNBK yang belum dapat memenuhi kecukupan infrastruktur dapat mengundurkan diri dari UNBK dan mengikuti UN berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dengan batas waktu pengunduran diri tanggal 15 Februari 2016
Oia, desain untuk simulasi sebenarnya sudah saya buat dan berikut Desain Simulai UNBK tahun 2015/2016 namun hanya interface saja dan berikut skrin shut nya.


Keren kan, namun sayang saya belum sempet membuat coding, ya seperti yang telah dituliskan diatas ada hal yang tidak bisa ditunda di kehidupan nyata saya jadi untuk adik-adik siswa peserta UN mohon maaf. Namun jangan khawatir saya akan berusaha keras untuk menyelesaikan aplikasi Simulasi UNBK ini dan mohon doanya biar saya sehat selalu hehe.

Rencananya calon peserta UN akan saya masukan ke dalam database yang nantinya akan secara otomatis mendapatkan User dan Password untuk setiap atau masing-masing siswa ketika pelaksanaan simulasi UNBK tersebut. Dengan berhasil Login maka siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan kemudian ketika siswa sudah siap untuk memulai menjawab soal maka hitungan waktu mundur selama waktu tertentu akan dimulai misalnya saya akan hitung mundur selama 60 menit untuk soal Matematika maka dalam waktu 60 menit jika siswa tidak dapat menyelesaikan soal tersebut maka sistem Simulasi UNBK 2015/2016 ini akan menutup dengan sendirinya.
Simak :
Program Aplikasi Pengolahan Nilai Sekolah
Kalo saja dalam pengerjaan project ini ada bantuan dari para master dan pakar Excel Indonesia tentunya dalam waktu 2 sampai 3 hari juga selesai karena saya yakin banyak sekali jago-jago excel di negeri kita ini. Seperti halnya aplikasi-aplikasi yang saya buat misalnya Aplikasi Soal Acak Ujian Berbasis Excel Pada Aplikasi UNBK Ofline ini juga masih tetap versi Excel dimana ada acak soal untuk menghindari adanya kerjasama antara teman dekat di ruang pelaksanaan..

Yang terpenting baik itu Ujian Nasional seperti biasa maupun UNBK tidaklah berpengaruh karena untuk mendapatkan hasil yang baik ada pada diri masing-masing adik-adik sekalian.

Persyaratan Sekolah Peserta / Pelaknana UNBK

Sebenarnya ada beberapa sekolah menurut Kemdikbud yang boleh melaksankan UNBK secara online diantaranya adalah :
  1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi);
  2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:
    • Server Utama dan Cadangan
      1. PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
      2. Processor Xeon atau i5
      3. RAM 8 GB, DDR 3
      4. Harddisk 250 GB
      5. Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04
      6. LAN CARD, dua unit
      7. UPS (tahan 15 menit)
      8. Jumlah server mengi kuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client)
      9. Cadangan 1 server
    • Clien Utama dan Cadangan
      1. PC atau Laptop
      2. Monitor minimal 12 inch
      3. Processor minimal dual core
      4. RAM minimal 512 MB
      5. Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX
      6. Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro
      7. Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)
      8. LAN Card
      9. Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1 client untuk 3 peserta)
      10. cadangan minimal 10%.
      11. Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)
    • Jaringan Internet dengan Bandwidth minimal 1 Mbps
    • Jaringan Lokal (LAN)
Yah, itulah jadi bagi sekolah yang tidak memenuhi persyaratan pelaksana UNBK tahun 2016 ini seperti diatas maka jangan memaksakan ya. Jangan ingin menjadikan sekolah keren di daerah dengan pelaksanaan UNBK tahun 2016 kalo tidak memenuhi ketentuan yang telah diatur oleh Kemdikbud.

Jadwal Pelaksanaan UN SMA/MA/SMK/SMP/MTs Tahun 2016

Yang jelas Anda jangan menunggu sampai beres aplikasi Simulasi UNBK Versi Excel yang saya desain selesai karena waktu pelaksanaan sudah hampir mepet silakan adik-adik pelajar untuk belajar lebih ekstra lagi dalam menghadapi ujian nanti. Supaya lebih mengingatkan lagi berikut saya lampirkan jadwal pelaksanaan UN 2016


Nah lo, jika dilihat dari jadwal diatas, maka dalam waktu kurang lebih 2 mingguan lagi tepatnya tanggal 4 April 2016 untuk tingkat SMA/MA dan SMK sedangkan untuk SMP/MTs masih banyak waktu namun saya tegaskan lagi baik kepada adik-adik SMA/SMK/SMP belajarlah lebih giat lagi dimulai dari sekarang mungpun masih ada waktu.

Demikian.

Related

Macro Excel VBA 4290151338734308594

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item