Diskusi tentang Excel

Gimana Seh Cara Buat Tombol Keren di Excel?

Excel-id | Ada banyak tutorial yang bisa didapat di internet bagaimana cara membuat tombol di Ms. Excel namun kali ini saya akan mencoba membuat sebuah tombol yang keren dengan versi saya sendiri, lalu bagaimana bisa?

Sebelum saya berikan tutorialnya alangkah baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa fungsinya membuat tombol pada Excel?
Tombol atau sering dikenal dengan CommandButton digunakan sebagai fungsi perintah baik itu untuk kebutuhan menuju link tertentu atau bahkan hanya untuk keren-keren saja. Ah, yang jelas ternyata bukan hanya bisa menggunakan objek commandbutton saja melainkan Anda bisa menggunakan object lainnya misalnya Image. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat tombol dengan objek image.

Langkah-Langkah Membuat Tombol pada Excel.

Pertama Anda bisa mencari tombol dari internet dengan bantuan google  Anda akan menemukan banyak jenis tombol yang bisa dipilih, namun ingatlah kita cari gambar yang memiliki type file .PNG misalnya saya memiliki dua buah tombol yang telah didownload dari internet seperti berikut



Ok, dua buah tombol berwarna hijau dan merah sudah didapat, langkah berikutnya sekarang kita akan mendesain UserForm .

Simak : Tutorial Dasar UserForm

Jika sudah memahami bagaimana cara membuat UserForm silakan ganti warna userform menjadi biru lihat gambar dibawah ini



Ok, warna Userform sudah berwarna biru sekarang kita buat tombol yang sesuai dengan warna userform tersebut yang nantinya dijadikan warna background dan silakan printscreen kemudian pastekan pada Photoscape.

NB: Yang belum punya Photoscape silakan download banyak kok yang free.

Jika sudah di prinetscreen silakan pastekan pada Phtoscape tersebut kemudian tambahkan tombol yang berwarna merah yang sudah di download pada Photoscape tersebut kemudian simpan dengan nama "tombol1" dan lakukan hal yang sama untuk tombol 2 kemudian simpan gambar dengan nama "tombol2".

Sekarang kita sudah memiliki dua buah tombol yaitu tombol1 dan tombol2 berupa file JPEG,

Silakan Baca :
Contoh coding untuk belajar VBA Excel
Langkah selanjutnya kita kembali ke UserForm dan tambahkan 2 buah object Image pada UserForm untuk Image1



Ok, satu buah Image sudah berisi gambar, langkah berikutnya atur ukuran Image tersebut agar tampak berwarna biru semua sesuai dengan warna dasar dari UserForm.

Langkah selanjutnya buatlah Image yang kedua caranya sama seperti membuat image yang pertama diatas.


Untuk Image1 properties Name silakan ganti menjadi "Tombol1" dan Properties Image2 ganti dengan "Tombol2" Untuk properties Border Style silakan ganti 1-Borderstyle menjadi 0-BorderStyleNone

untuk Tombol1 kita ganti properties Visible menjadi False. Langkah berikutnya buatlah prosedur MouseMove untuk objek UserForm dan ketikkan coding berikut :

Private Sub UserForm_MouseMove(ByVal Button As Integer, ByVal Shift As Integer, ByVal X As Single, ByVal Y As Single)
Tombol1.Visible = False
Tombol2.Visible = True
End Sub
Agar ketika pointer / kursor mengarah ke tombol2 dan dapat berubah warna maka silakan tuliskan coding berikut

Private Sub Tombol2_MouseMove(ByVal Button As Integer, ByVal Shift As Integer, ByVal X As Single, ByVal Y As Single)
Tombol1.Visible = True
Tombol2.Visible = False
End Sub
Selesai, sekarang saatnya mencoba hasil dari desain tombol pda userform tersebut dan saatnya untuk menjalankan apakah sudah berhasil atau belum, sekarang saatnya Anda tekan tmbol Run pada VBA editor dan coba arahkan pada tombol tersebut hasilnya adalah tombol tersebut berubah warna ketika mengarah pada tombol warna merah berubah menjadi warna hijau.

Langsung saja brow liaht Videonya

Ingin tahu tutorial membuatnya silakan simak dan tonton Video Tutorialnya

Download Contoh Tombol Keren di Excel

Related

CommandButton 6054284124256182753

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item