Diskusi tentang Excel

Cara Cek Folder dan Buat Folder Mengunakan Script VBA Excel

Bagaimana cara cek sebuah folder di suatu drive komputer Anda menggunakan VBA Excel? dan bagaimana juga cara buat folder jika folder tersebut tidak ditemukan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai coding bagaimana cara cek folder pada drive C dan bagaimana cara buat folder tersebut setelah pengecekan selesai. Jadi masih tetap pada tutorial excel advanced VBA alias macro.

Langkah pertama silakan Anda buat sebuah UserForm dan satu buah tombol CommandButton, ganti caption dari UserForm tersebut dengan tulisan "Cek Folder" Kemudian untuk CommandButton silakan gunakan toolbox dan ganti caption nya menjadi "Cek dan Buat". Disini Anda juga bisa mewarnai latar belakang form tersebut sesuai dengan kebutuhan. Desain kira-kira seperti gambar berikut ini


Setelah Anda selesai desain form diatas saatnya kali ini membuat coding untuk prosedur CommandButton1 yang sudah diganti captionya menjadi "cek dan buat"

Coding Cek dan Buat Folder

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim FolderKu
Set FolderKu = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
If FolderKu.FolderExists("C:\AplikasiKu") Then
    MsgBox "Nama Folder Sudah Ada"
    Else
        FolderKu.CreateFolder ("C:\AplikasiKu")
        MsgBox "Folder Sudah Dibuat"
End If
End Sub
Dari coding diatas jika nama Folder "AplikasiKu"sudah ada maka muncul pecan "Nama FOlder Sudah Ada" tetapi jika nama "AplikasiKu" belum ada di drive C: maka nama folder "AplikasiKu" akan dibuat.

Silakan jalankan userform tersebut kemudian klik tombol Cek dan Buat kemudian hasilnya lihat di drive C apakah sudah ada folder AplikasiKu tersebut.

Demikian sekilas mengenai bagaimana  cara cek folder exist atau belum dan bagaimana cara buat folder pada drive C: semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related

UserForm 6097145624001903348

Post a Comment

  1. kang punten minta aplikasinya dong...!trmksih
    luckykuntana@yahoo.com

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item