Diskusi tentang Excel

Cara Membuat ScrollBar pada UserForm

ScrollBar adalah penggulung layar yang bisa digunakan ketika layar tersebut tidak cukup untuk memuat object. ScrollBar dapat dibuat pada UserForm apabila dibutuhkan misalnya Anda telah membuat ukuran UserForm dengan Height 217.5 dan Width 402.75 Karena banyak object yang harus dimasukan dalam UserForm tersebut namun jika ukuran diperkecil hal ini akan memungkinkan ketidakindahan user dalam menggunakan UserForm tersebut.

Berikut tutorial bagaimana cara membuat UserForm agar bisa memiliki tampilan ScrollBar

Langkah pertama Anda harus membuat sebuah UserForm dengan ukuran seperti yang telah disebutkan diatas, namun Anda juga bisa membuat dengan ukuran sendiri, Untuk membuat UserForm sudah saya bahas sebelumnya atau Anda silakan gunakan pencarian untuk mengetahui bagaimana cara membuat UserForm di pojok kanan atas.

Berikut tampilan UserForm dengan ScrollBar


Perhatikan gambar diatas merupakan tampilan UserForm yang sudah difasilitasi SrcollBar. Pada UserForm standar tampilan tersebut tidak akan muncul Anda bisa menambahkan coding dengan prosedur UserForm_active berikut ini

Private Sub UserForm_Activate()
    With Me
        'scrollbar untuk vertical
        .ScrollBars = fmScrollBarsVertical
       
        'tinggi dan lebar scroll dikalikan
        .ScrollHeight = .InsideHeight * 2
        .ScrollWidth = .InsideWidth * 9
    End With
End Sub

Coding VBA diatas akan menampilkan UserForm secara Vertical jika Anda akan menggunakan secara horizontal silakan ganti FmScrollBarHorizontal kemudian untuk ukuran nya silakan ganti InsideHeight dan Inside Width nya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related

UserForm 6138639112313525921

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item