Diskusi tentang Excel

Cara Membuat Tombol Print Preview pada UserForm

Excel-id.com | Membuat tombol Print Preview melalui userform perlu pemahaman logika algoritma kenapa saya katakan demikian? jelas karena urutan pembacaan coding dalam bahasa pemrograman VBA dimulai dari atas ke bawah. Jika Anda membuat coding print preview melalui userform tanpa menyembunyikan sementara UserForm tersebut saya jamin hal ini akan berebut perintah artinya print preview dilakukan namun userform juga tetap aktif jadi akan mengakibatkan hang alias error.

Logikanya adalah ketika klik tombol print preview yang dibuat melalui UserForm maka pertama UserForm tersebut disembunyikan terlebih dahulu kemudian tampilkan Print Preview jika print preview di close maka UserForm akan ditampilkan kembali. Hanya tiga alur yang dilakukan dan sangat sederhana sekali, Ok langsung saja berikut langkah-langkah membuat coding Print Preview melalui userform.

Membuat Tombol Print Preview melalui UserForm

Langkah pertama Anda harus menyisipkan 1 buah Userform dan silakan ganti Caption menjadi "Form Cetak" Jika Anda tidak mau mengganti caption juga tidak masalah.


Langkah berikutnya silakan buat satu buah tombol dengan menggunakan fasilitas Toolbox dan pilih control CommandButton kemudian ganti Caption menjadi " Print Preview" dan name ganti menjadi "TombolPrintPreview" untuk mengganti Caption dan Name silakan lihat pada Properties.

Baca Juga :
Code Print VBA Macro Lengkap
Langkah selanjutnya silakan Anda double click tombol Print Preview tersebut kemudian ketikkan script VBA dibawah ini

Private Sub TombolPrintPreview_Click()
UserForm1.Hide
Worksheets("Sheet1").PrintPreview
UserForm1.Show
End Sub

Keterangan :
Worksheets("Sheet1").PrintPreview artinya yang akan di print preview adalah worksheet1 jika Anda akan membuat yang lain silakan ganti tulisan tersebut dengan worksheet yang lain.

Silakan Anda jalankan programnya atau tekan tombol F5 pada keyboard dan silakan klik tombol Print Preview maka secara otomatis jendela print preview pada excel akan ditampilkan dan ketika Anda klik tombol Close pada jendela print preview tersebut maka akan kembali ke Userform.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang kurang jelas mengenai Cara Membuat Tombol Print Preview pada UserForm silakan kasih komentar dibawah.





Related

UserForm 1116068287745374912

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item