Diskusi tentang Excel

Cara Mencari Data dengan Rumus Excel MATCH


contoh_rumus_Match

Hai, sahabat Excel, lama tak posting artikel yah, dalam beberapa hari terakhir ini saya agak sedikit sibuk ngurusin keluarga hehe, namun tenang ajah bagi Anda para pecinta Excel saya akan tetap terus berkarya dan posting artikel tentang rumus excel. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menemukan data dari rentetan data dengan menggunakan rumus formula MATCH.

Apakah Anda sudah tahu tentang rumus MATCH? jika jawabannya sudah saya kira Anda tidak usah meneruskan untuk membaca lagi artikel saya ini hehe. Artikel ini ditujukan bagi Anda yang senang dan ingin  belajar lebih dalam lagi mengenai beberapa rumus yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh Anda dalam membantu pekerjaan kantor.

Baiklah rumus MATCH syntac nya adalah berikut :
MATCH(LookupValue,LookupArray,MatchType)
Jika Anda sudah memahami syntac dari rumus match tersebut saya akan mencoba memecahkan masalah berikut. Misalnya saya memiliki data secara berurutan di kolom A yaitu 10 daftar nama kenapa saya contohkan hanya 10 daftar nama saja? karena jika saya tuliskan ratusan atau bahkan ribuan maka kapan saya nulis artikelnya. Pada kenyataannya berapun jumlah datanya rumus ini masih tetap bisa menyelesaikan masalah pencarian data. Oke, berikut contoh jelasnya


Yap, dari alamat range A1:A10 adalah daftar nama sebagai contoh dari kasus ini dan misalnya Anda akan mencari nama yang ada pada cell D1 kemudian komputer tentunya rumus excel ini akan memberikan sebuah informasi bahwa nama "Akmal" tersebut berada pada baris ke berapa.

Silakan ketikkan rumus pada cell D2 sebagai berikut :
=IF(ISERROR(MATCH(D1,A:A,0)),"Tidak Ditemukann","Data Ditemukan pada Baris " & MATCH(D1,A:A,0))

Hasil dari penulisan rumus MATCH tersebut adalah " Data ditemukan pada bari ke 3" silakan diketikkan rumusnya dengan benar dan lihat hasilnya apakah sama dengan hasil yang saya buat atau kan berbeda. Jika mengalami kendala silakan komen dibawah.

Kenapa rumus MATCH tersebut diatas saya tambahkan dengan fungsi rumus ISERROR? ini sebuah pertanyaan yang memerlukan jawaban dan penjelasan yang cukup lama dan saya tidak akan bahas disini jadi jika Anda ingin mengetahui mengenai rumus ISERROR silakan simak dan pelajari dengan kata kunci yang Anda cari di bagian kanan atas ada tombol pencarian untuk setiap materi excel yang ada di blog ini.

Rumus Fungsi MATCH bisa Anda kolaborasikan dengan berbagai rumus excel lainnya Anda tinggal berlogika saja dan mempelajari syntac penulisan dari rumus tersebut. Fungsi MATCH sendiri adalah Fungsi Match digunakan untuk menampilkan suatu posisi cell pada rentang data yang telah ditetapkan sebelumnya.

Biasanya rumus MATCH akan digabungkan denga rumus fungsi INDEX untuk itu Anda perlu mehamai dan membaca rumus INDEX dan

Silakan Baca :
Memahami Contoh Rumus INDEX Lengkap

Terimakasih Anda telah membaca bagaimana cara mencari data dengan rumus excel MATCH, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related

Rumus Excel 1920596558453801488

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item