Diskusi tentang Excel

Coding VBA Cara Cek File Exist

Untuk membuka file melalui VBA terkadang file tersebut tidak ditemukan dalam folder atau drive tertentu. Ketika Anda membuat aplikasi dengan menggunakan VBA Excel tentunya kadang kita membutuhkan file yang akan dibuka dengan menggunakan VBA excel tersebut. Tentunya apabila file tersebut tidak ditemukan atau bisa dikatakan tidak exist artinya Anda harus bisa membuat pesan atau informasi kepada user bahawa file tersebut tidak ditemukan.

Dalam materi kali ini saya akan membuat sebuah UserForm untuk memanggil file atau membuka file Ms. Excel dan apabila tidak ditemukan dalam drive yang telah ditentukan di dalam coding maka munculah pesan bahwa "File Tidak Ditemukan".

Langkah pertama silakan Anda buat satu buah UserForm jika belum memahami bagaimana cara membuatnya silakan baca-baca di artikel
Pengenalan Dasar UserForm pada VBA Excel
Atau simak : Cara Membuat UserForm untuk Pemula

Langkah berikutnya Anda silakan tambahkan satu buah textbox dan satu buah CommandButton dengan menggunakan Toolbox dan saya kira Anda sudah memahami cara membuat CommandButton dan Textbox. Kemudian Anda silakan double click pada CommandButton tersebut kemudian tuliskan coding VBa dibawah ini :

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim NamaFile As String
Dim WB As Workbook
NamaFile = Trim(TextBox1.Value)
Dim DirFile As String
If Len(NamaFile) = 0 Then Exit Sub

DirFile = "D:\" & NamaFile
If Len(Dir(DirFile)) = 0 Then
MsgBox "File Tidak Ditemukan"
Else
On Error Resume Next
Set WB = Workbooks.Open(DirFile)
On Error GoTo 0
If WB Is Nothing Then MsgBox DirFile & " Terjadi kesalahan", vbCritical
End If
End Sub
Coding VBA diats pertama kita definisikan sebuah Namafile dengan typedata String kemudian agar lebih mudah dalam pengkodingan Anda juga silakan buat sebuah definis untuk Workbook. Nama file yang akan diketikkan yaitu di textbox1 kemudian untuk direktori nama file Anda juga definisikan sebagai fungsi string.

File yang dicari yaitu file yang berada pada lokasi Drive D Anda bisa menggantinya atau menambahkan folder di drive D tersebut. Jika pencarian yang dituliskan di textbox1 tidak ditemukan alias 0 maka akan muncul sebuah pesan "File Tidak Ditemukan" silakan lihat coding MsgBox"File Tidak Ditemukan". Dalam coding diatas kita juga telah membuat handle error artinya apabila terjadi error pada coding maka muncul pesan "terjadi kesalahan".

Anda harus menuliskan atau mengetikkan nama file yang akan dicari dengan menambahkan extentions dari sebuah file excel tersebut misalnya untuk office versi 2010 harus memiliki extention .xlsx Dibawah ini saya akan mencari sebuah nama file "Rumus Excel Lengkap.xlsx" maka silakan ketikkan di kolom textbox1 tersebut kemudian silakanklik comanbutton lalu lihat apa yang terjadi sebuah file akan dibuka jika ditemukan nama file pada lokai penyimpanan tersebut tetapi jika tidak ada maka akan muncul pesan seperti yang dituliskan pada script VBA diatas.

Perhatikan gambar diatas penulisan untuk nama file diakhiri dengan extension dengan .xlsx dan silakan klik CommandButton1 maka lihat hasilnya file tersebut akan terbuka.

Oke, saya berhadap penyampaian bisa dimengerti dan jelas semoga bermanfaat dan selamat mencoba jangan lupa untuk kasih komentar ya...



Related

Macro Excel VBA 8812882575777182328

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item