Diskusi tentang Excel

Rumus MOD Untuk Mengetahui Sisa Hasil Bagi di Excel 2010


contoh rumus MOD Excel

Setelah saya bahas bagaimana cara menghitung pembagian, pengurangan, perkalian dan penjumlahan di Excel kali ini saya akan bahas bagaimana cara menegetahui atau mencari nilai sisa dari hasil pembagian. Di Excel Anda bisa gunakan rumus fungsi MOD untuk menghasilkan sisa bagi dari suatu bilangan. Dalam hitungan yang memiliki jumlah sedikit seperti angka satuan 0 sampai dengan 10 Anda mungkin masih bisa menghitung dengan menggunakan jari Anda namun pernahkan Anda membayangkan ketika hitungan sudah mencapai puluhan atau ratusan dan bahkan ribuan kemudian dibagi dengan bilangan tertentu dan Anda harus menghitung berapa hasil dari sisa pembagian hitungan angka tersebut?

Syntax penulisan rumus MOD
=MOD(Number;Divisor)
Contoh penulisan dan penerapan rumus MOD dalam Ms. Excel
Setelah Anda mengetahui bagaimana penulisan rumus MOD atau syntax diatas maka Anda harus bisa menyelesaikan dan menerapkannya dalam penggunakan di Ms. Excel. Berikut saya berikan contoh realnya.

Jika Anda memiliki data 96 dan angka tersebut kita bagi 6 berapa hasilnya?
Jawab :

di Excel Anda tinggal mengetikkan =MOD(96;6) maka hasilnya adalah 3. Cukup sederhana dan tidak membingungkan, namun bagaimana jika data tersebut kita panggil dengan menggunakan alamat cell? Artinya Misalnya saya memiliki data angka 96 tersebut di cell C2 dan pembaginya ada di cell C3 kemudian saya akan menempatkan hasil pembagian tersebut di cell C4 maka rumus yang diketikan adalah

=MOD(C2;C3) dan hasilnya sama yaitu 3

Lalu bagaimana jika kita memiliki data ratusan dan kita kalkulasikan dengan pembagian kemudian hasilnya memiliki data desimal?

Contoh Kasus Menggunakan Rumus MOD

Misalnya saya memiliki data siswa sebanyak 387 kemudian ruangan ada 6 berapa siswa dalam 1 ruangan tersebut kemudian berapa juga sisa siswa yang belum memiliki ruangan?

Perhatikan contoh Excel dibawah ini


Dari data diatas kita akan mengetahui berapa jumlah siswa dalam 1 ruangan yaitu dengan rumus pembagian =D3/D4 maka hasilnya adalah 64.5 Ada nilai angka disimal diatas yaitu 64.5 bagaimana mengetahui siswa siswa yang belum memiliki ruangan tersebut?

Sebelum menggunakan rumus MOD kita bulatkan angka 64.5 tersebut dengan menggunakan rumus INT caranya yaitu ketikkan rumus di cell D6 = INT(D5) hasilnya adalah 64 kita lihat bagaimana cara menyelesaikan masalah diatas pada gambar dibawah ini



Setelah itu kita akan mengetahui berapa sisa hasil bagi dari penjumlahan diatas silakan ketikan rumus di cell D7 dengan formula =MOD(D3;D4) maka hasilnya adalah 3


Ok, demikian tutorial bagaimana cara mengetahui hasil bagi pada Ms. excel dengan menggunakan rumus MOD. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Related

Rumus Excel 3180180331349393840

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item