Diskusi tentang Excel

Aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New) Random Soal



Setelah beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat sebuah aplikasi berbasis excel yaitu untuk keperluan test atau uji kompetensi siswa di sekolah dalam versi lamanya yaitu Ver.1.03 dan Allahamdulillah banyak yang menggunakannya karena saya share secara gratis di blog ini. Kali ni saya kembangkan kembali aplikasi ujian mandiri tersebut menjadi versi terbaru yang saya berinama "Aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New) "

Aplikasi tersebut sudah menggunakan sistem acak soal sehingga setiap komputer yang terisi dengan aplikasi ini akan mengacak secara otomatis jadi setiap peserta tidak akan bisa bekerja sama dalam mengerjakan soal ujian tersebut. Jika memang adanya kerjasama maka mereka akan rugi karena aplikasi ini sudah di setting dengan waktu mundur (count down timer) yang mengakibatkan apabila siswa berdiskusi untuk menjawab soal maka dia akan kehabisan waktu untuk mengerjakannya. Hal ini akan bisa menekan adanya kerjasama diantara peserta ujian.

Silakan simak Aplikasi Ujian Mandiri Versi 1.03 (Lama)

Apa saja fitur terbaru dari Aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New)?

Aplikasi versi terbaru ini memang banyak perubahan dari aplikasi versi sebelumnya dan sudah menggunakan userform sebagai interface dengan user sehingga lebih memudahkan peserta (user) dalam mengoperasikannya. Dari sekian fitur yang berubah diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Soal diacak secara otomatis ketika login peserta dilakukan jadi hal ini mengakibatkan setiap komputer yang sudah terinstal aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New) ini akan berbeda-beda soal karena sudah menggunakan sistem acak hal ini sama seperti sistem UNBK pada Ujian Nasional
  2. Memiliki 4 buah menu yaitu Menu Admin digunakan untuk melihat hasil nilai peserta ujian secara keseluruhan (rekap) bisa juga digunakan untuk mengedit soal ujian sedangkan menu Peserta ujian ini merupakan menu untuk login peserta ujian
  3. Dengan Menu "Login Peserta" maka setiap siswa atau peserta ujian akan memiliki username dan password yang berbeda jadi sifatnya rahasia sehingga orang lain atau peserta lain tidak bisa mengetahuinya.
  4. Jika peserta ujian/siswa sudah pernah melaksanakan ujian maka sistem tidak bisa memasukan hasil nilai ujian yang kedua tersebut kedalam database.
  5. Menu Bantuan digunakan sebagai informasi cara penggunakan dari aplikasi ujian mandiri ver.3.0 (new) ini
  6. Sistem hitung mundur, Aplikasi ini sudah menggunakan Count Down Timer jadi jika siswa atau peserta ujian belum menyelesaikan soal ujian tetapi waktu yang diseting dengan sistem sudah berakhir maka sistem akan mengunci secara otomatis dan siswa/peserta ujian tidak bisa melanjutkan ke soal berikutnya.
  7. Menampilkan hasil ujian secara langsung, sistem ini sudah di desain dengan menampilkan informasi hasil ujian berapa jumlah benar, berapa jumlah salah, dan berapa jumlah soal yang tidak terjawab dalam satu Form khusus informasi Hasil Ujian.

Itulah ke-7 fitur yang ada pada aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New) ini tentunya versi terbaru ini merupakan usaha saya dalam memperbaiki sistem yang masih dianggap kurang pada versi sebelumnya.

Saya pernah membahas sebuah aplikasi UNBK yang merupakan simulasi untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Silakan Lihat :
Aplikasi Simulasi UNBK Berbasis Excel

Berikut ScreenShoot dari Aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New)

Fitur : Login Admin

Fitur: Login Peserta Ujian


Fitur: Konfirmasi untuk Memulai Menjawab Soal

Fitur: Menjawab Soal Ujian

Dalam Fitur Menjawab Soal Ujian Peserta Ujian sudah dapat dilihat pada ujung kiri atas sedangkan waktu mundur dapat dilihat pada ujung kanan atas. Untuk soal Kemudian Anda juga bisa menggunakan tombol Lanjut untuk melanjutkan ke soal berikutnya.

Fitur : Grafik Hasil Ujian

Apabila sudah selesai mengerjakan ujian dan soal telah terjawab semua maka Anda bisa melihat hasil ujian atau apabila waktu telah habis secara otomatis form ini akan muncul yang merupakan informasi hasil perolehan ujian disertai atau dilengkapi dengan grafiknya.

Anda bisa menyimpan hasil ujian ini namun apabila peserta sudah pernah mengikuti ujian maka akan muncul sebuah pesan peringatan seperti berikut



Download Ver. 10.2 Realese Februari 2015

Jika Anda belum memiliki aplikasi ujian Mandiri Ver.1.03 silakan lihat dan baca-baca atau download aplikasinya gratis di link ujian Mandiri Ver.1.03


Aplikasi Ujian Mandiri terbaru ini sangat cocok untuk digunakan disekolah dalam rangka Ulangan Harian atau uji kompetensi atau bisa juga untuk UTS maupun UAS. Dalam versi terbaru ini saya batasi untuk jumlah soal maksimal terdiri dari 20 soal.

Oke, Demikian Aplikasi Ujian Mandiri Ver.3.0 (New) dengan fitur Random (acak) soal dan hitung mundur (Count Down)

Related

Aplikasi Excel 6966869318432744034

Post a Comment

  1. Dmn link donwload yg terbaru pak?g ada sya cari..
    Trima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya tidak sertakan link Download untuk versi terbaru ini

      Delete
  2. harus beli/donasi dulu ya bos?bisa minta info lengkapnya?

    ReplyDelete
  3. Maaf, untuk aplikasi ini tidak dibagikan secara gratis, mungkin bagi temen-temen yang mau donasi silakan hubungi saya via email atau contact saya ya, sekedar pengganti Ngopi Malam.

    ReplyDelete
  4. pak yatna
    bisa tolong kirim ke Email saya : imamsugianto82@gmail.com
    dan untuk besarnya donasi berapa ya ?
    Di tunggu

    ReplyDelete
  5. Nomor HP saya sudah ada di menu About silakan masuk disana ajah mas Imam

    ReplyDelete
  6. Aplikasinya harus di instal tiap komputer peserta atau pake server local

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi tinggal di copy pastekan saja di tiap komputer

      Delete
  7. gmana cara mendapatkan aplikasinya tln mas no hpnya

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Ver 3,0 jika dipakai lebih dari 20 nomor soal bisa ga pak Yatna..

      Delete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item