Diskusi tentang Excel

Cara Menampilkan Data Baris Terakhir .End(xlUp) Pada Textbox Excel VBA



Menampilkan data atau mengetahui data pada baris terakhir sebuah database di Microsoft Excel banyak dipakai ketika membuat aplikasi untuk objek Simpan Data. Biasanya sistem atau aloritma akan mencari terlebih dahulu data baris terakhir yang kosong kemudian lakukan algoritma lainnya.

Untuk menampilkan data pada baris terakhir / value biasanya menggunakan .End(xlUp) dan dalam kasus ini kita akan menampilkan data baris terakhir dalam sebuah range. Data tersebut akan ditampilkan pada textbox melalui UserForm.

Contoh penggunaan :
Misalkan saya memiliki data range pada worksheet1 yang berada pada kolom A sebagai berikut


Langsung saja silakan Anda buka VBA Editor dan buatlah satu buah UserForm kemudian tambahkan pula objek textbox pada userform tersebut gunakan toolbox untuk membuatnya. Dalam hal ini Anda jangan dulu merubah properties.



Setelah itu untuk menampilkan data baris terakhir Anda bisa menggunakan prosedur UserForm_Active maupun UserForm_Initialize atau bahkan Anda juga bisa memanggil perintah tersebut dengan menggunakan object commandbutton, Anda juga bisa menempatkan coding berikut pada module atau pada object silakan sama saja tergantung pemakaian.

Untuk contoh saya gunakan pada prosedur UserForm_Initialize maka tuliskan coding berikut ini atau silakan copy paste.

Private Sub UserForm_Initialize()
BarisTerakhir = Worksheets("Sheet1").Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Value
TextBox1.Value = BarisTerakhir
End Sub
Jika Anda telah menuliskan coding VBA excel diatas silakan jalankan maka hasilkan adalah seperti gambar berikut :


Perhatikan data yang tampil pada textbox diatas adalah nama "Rizal Fakhri" karena dalam urutan range diatas data yang paling akhir adalah nama tersebut. Jika Anda menambahkan nama berikutnya dibawah nama Rizal Fakhri maka yang tampil akan berubah kembali.

Demikian, tulisan pendek di bulan romadhon ini, semoga bermanfaat ajah

Related

UserForm 1743712040323551009

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item