Diskusi tentang Excel

Cek Nomor Seri Hardisk (Serial Number) Komputer Dengan VBA


Nomor seri hardisk (serial number) setiap komputer berbeda-beda dan bagaimana cara mengetahui nomor seri dari sebuah hardisk? Tutorial berikut akan menjelaskan bagaimana coding VBA untuk menampilkan nomor seri dari hardisk.

Simak:
Validasi Data Cell/Range di Excel
Ada banyak alasan seorang programmer untuk bisa mengetahui serial number dari hardisk salah satunya adalah bisa digunakan sebagai fungsi untuk menjalankan program artinya jika nomor seri hardisk tidak sesuai maka program tidak bisa dijalankan. Hal ini bias dikatakan sebagai salah satu cara untuk aktivasi dari program yang dibuat artinya sebuah software atau program harus diaktivasi terlebih dahulu untuk bisa difungsikan dengan baik.

Syntax penulisan untuk menampilkan sebuah nomor seri hardisk adalah :
CreateObject("Scripting.FileSystemObject").GetDrive("C:\").SerialNumber

Dari script diatas anda bisa menampilkan nomor seri (serial number) dengan berbagai cara misalnya melalui sebuah pesan, menampilkan pada alamat cell dan worksheet atau bisa juga pada label dan textbox yang disediakan pada userform dan yang paling hebatnya juga Anda bisa menyimpan prosedur ini ketika workbook dibuka pertama kali sebagai validasi dari software yang Anda  buat.

Menampilkan nomor seri hardisk melalui pesan

Script untuk menampilkan serial number hardisk dengan tampilan pesan Anda bisa ketikkan coding berikut pada userform Commandbutton

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim Pesan As Integer
Dim Pesannya As String
Dim JudulPesan As String

Pesannya = CreateObject("Scripting.FileSystemObject").GetDrive("C:\").SerialNumber
JudulPesan = "Nomor Seri Hardisk"
    Pesan = MsgBox("Nomor Seri: " & Pesannya, vbInformation, JudulPesan)
End Sub

Hasil dari coding diatas adalah sebagai berikut








Anda tambahkan 1 buah CommandButton dalam UserForm kemudian untuk objek CommandButton silakan tambahkan coding diatas dalam prosedur klik.

Menampilkan nomor seri hardisk (serial number) pada label dan textbox

Untuk menampilkan nomor seri hardisk (serial number) ditampilkan melalui textbox ataupun label, misalnya saya contohkan cara menampilkan nomor seri hardisk melalui textbox maka silakan buat dan desain userform kemudian tambahkan 1 buah label dan 1 buah textbox kemudian tambahkan juga 1 buah commandbutton.

Untuk label silakan ganti caption menjadi "Nomor Seri:" kemudian untuk textbox1 biarkan saja properties tidak ada yang dirubah dan terakhir untuk commandbutton1 silakan ganti caption menjadi " Tampilkan Nomor Seri" Setelah desain form selesai langkah berikutnya kita akan membuat prosedur silakan masuk ke pengcodean di VBA Editor Anda kemudian ketikkan coding  berikut ini

Private Sub CommandButton1_Click()
TextBox1.Value = CreateObject("Scripting.FileSystemObject").GetDrive("C:\").SerialNumber
End Sub
Coding diatas merupakan objek CommandButton apabila dilakukan prosedur Click maka akan menjalankan perintah bahwa isi dari textbox1 tersebut akan menampilkan nomor seri dari hardisk komputer yang anda gunakan.


Jika Anda melakukan perintah klik pada tombol "Tampilkan Nomor Seri" maka nomor seri akan ditampilkan pada textbox yaitu : -1072298543

Hasil dari coding ini akan memberikan informasi bahwa akan berbeda-beda jadi jika Anda mencoba materi coding ini hasilnya tidak akan sama walaupun perintahnya atau penulisan coding sama persis dengan tulisan yang saya tampilkan disini.

Lihat Juga :
Validasi textbox hanya bisa diisi dengan teks bukan angka

Menmapilkan Serial Hardisk pada Workbook Open

Pada dasarnya untuk menampilkan nomor seri dari hardisk (serial number) codingnya sama saja tergantung Anda akan menempatkan dimana apakah ketika userform aktif, atau berupa klik pada tombol seperti yang telah dicontohkan diatas atau melalui sebuah pesan peringatan. Selain cara-cara diatas tentunya ada cara lain yaitu menampilkan nomor seri hardisk melalui prosedur workbook_Open

Lihat contoh coding untuk prosedur workbook_open
Private Sub Workbook_Open()
MsgBox (CreateObject("Scripting.FileSystemObject").GetDrive("C:\").SerialNumber)
End Sub
Nah, pada prosedur ini Anda  bisa membuat validasi yang lebih extrem misalnya jika nomor seri tidak sesuai maka workbook tersebut akan ditutup kembali atau bisa tambahkan dengan sebuah peringatan sebagai informasi ketidakabsahan. Hal ini biasanya digunakan ketika membuat aplikasi dengan VBA yang mengharuskan user untuk melakukan registrasi untuk validasi dari aplikasi tersebut.

Salah satu contoh penggunaannya adalah ketika saya membuat sebuah Aplikasi PPDB, kira-kira tampilan serta logika alogitmanya seperti itu.

Demikian tutorial singkat bagaimana menampilkan nomor seri hardisk (serial number) melalui userform VBA, dan semoga bermanfaat.

Related

Trik Excel 2433718886774839120

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item