Diskusi tentang Excel

KEREN.., Rumus Excel ini Bisa Memisahkan Kata/Nama Menjadi Per Huruf

Masih membahas mengenai rumus excel dan mudah-mudahan tidak akan habisnya kali ini saya akan berbagi pengetahuan atau tutorial atau materi mengenai bagaimana cara memisahkan huruf demi huruf satu per satu dari sebuah kata atau kalimat di Ms. Excel. Biasanya penggunaan rumus pemisahan huruf/karakter pada cell tertentu kemudian dipecah kedalam beberapa kolom untuk ditempatkan satu huruf per kolom.

Bisa Anda bayangkan betapa lamanya proses yang Anda lakukan ketika mengetikkan nama seseorang dalam sebuah kotak huruf. Hal ini akan menyita banyak waktu bagi Anda tentunya dengan rumus excel yang satu ini Anda akan lebih mudah. Orang yang mampu mengetik secara cepat pun akan merasa kewalahan apabila penulisan nama dilakukan per kolom untuk setiap huruf satu per satu. Bagaimana jika datanya ratusan atau bahkan ribuan jelas hal ini akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Lihat penggunaan rumus untuk memisahkan kata/nama/karakter menjadi per huruf dalam beberapa kolom berikut ini.


ya kira-kira begitu hasil dari rumus yang saya maksud, Oia bagaimana caranya untuk bisa memisahkan nama di samping kiri menjadi beberapa huruf terpecah ke dalam beberapa kolom seperti gambar diatas?

Langkahnya cukup mudah Anda tinggal menuliskan rumus di cell C3 dengan formula : =MID($B2,COLUMNS($B:B),1) 
Kenapa saya gunakan rumus MID bukan LEFT atau RIGHT? hal ini supaya Anda tidak menusliskan rumus 3 kali untuk mengambil posisi huruf. Saya menggunakan rumus MID karena akan mengambil karakter/huruf tengah dihitung mulai dari, hasil (hitung jumlah kolom dalam referensi), sebanyak satu karakter.

Bila saya jelaskan lebih rinci rumus untuk memisahkan kata menjadi beberapa huruf terpisah adalah

  1. =MID($B2,COLUMNS($B:B),1)
    Perintah untuk mengambil karakter dari tengah pada kolom B2 dan saya tambahkan tanda $ supaya baris bisa berubah namun untuk kolom tetap di kolom B jadi apabila rumus ditarik ke kanan maupun ke bawah hasilnya akan sesuai (Array)
  2. =MID($B2,COLUMNS($B:B),1)
    Perintah untuk menghitung jumlah kolom array, $B:B artinya dari Kolom B ke kolom B jumlah kolomnya hanya ada 1. Diberikan tanda $, agar posisi awal array kolom yang akan dihitung tidak bergeser.
  3. =MID($B2,COLUMNS($B:B),1)
    Perintah untuk mengambil karakter sebanyak 1 karakter saja.
Perhatikan rumus yang dicetak tebal dan berwarna biru itu merupakan rumus yang digunakan untuk memisahkan kata atau nama atau kalimat ke dalam beberapa huruf disertai dengan keterangan lebih rinci dan jelas dibawahnya.

Jika Saya tuliskan rumus di cell C2 =MID($B2,COLUMNS($B:B),1) maka saya tarik ke bawah dan rumus di baris berikutnya akan berubah menjadi =MID($B3,COLUMNS($B:B),1) kemudian =MID($B4,COLUMNS($B:B),1) dan seterusnya.

Jika saya tarik kekanan maka di cell D2 rumus berubah menjadi =MID($B2,COLUMNS($B:C),1) kemudian kekanan lagi menjadi =MID($B2,COLUMNS($B:D),1) dan seterusnya.

Rumus ini biasanya digunakan secara nyata ketika pengisian formulir yang memiliki kotak-kotak kecil untuk pengisiannya salah satu contoh adalah pengisian formulir DAPODIK, Formulir Pajak. Silakan lihat contoh nyata pada link berikut ini untuk pengisian formulirnya

Formulir Pajak
Formulir Dapodik terbaru

Yah , saya kira kelihatannya keren kan rumusnya, simpel namun banyak sekali digunakan dalam pekerjaan di kantor Anda. Semoga saja tulisan ini bermanfaat dan menjadi ladang amal hehe...
Selamat mencoba semoga berhasil.

Related

Rumus Excel 2034453083380340452

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item