Diskusi tentang Excel

Cara Menghitung Jenis Kelamin Berdasarkan Rentang Usia

Rumus Excel kali ini saya akan berbagai bagaimana cara menghitung jenis kelamin Perempuan dan berapa jenis kelamin Laki-Laki berdasar rentang usia siswa. Menghitung jenis kelamin berdasarkan usia biasaya dibutuhkan ketika ada laporan siswa berdasarkan rentang usia yang diminta oleh Dinas Pendidikan dan hal ini sering sekali dikerjakan oleh staf TU terutama operator sekolah yang berkerja menggunakan Ms. Excel sebagai pengolahan databasenya.

Cara Menghitung jenis kelamin berdasarkan usia merupakan hal yang cukup mudah karena ditentukan hanya dengan beberapa kriteria saja. Rumus yang digunakan adalah CountIF dimana rumus ini akan menghitung jumlah dengan kriteria tertentu. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai rumus CoutIF

Silakan Baca:
Rumus Excel untuk mengetahui Jumlah dengan Kriteria Tertentu

Rumus CountIF juga bisa digunakan untuk mengetahui duplikasi data Baca: Rumus untuk mengetahui duplkasi dengan Countif

Lebih jelas mengenai cara menghitung jenis kelamin berdasarkan rentang usia/umur silakan perhatikan gambar dibawah ini :


Dari tabel data siswa diatas perhatikan kolom jenis kelamin dan usia. kemudian perhatikan juga rekap rentang usia yang akan kita cari. Ketentuan untuk mencari rentang usia berdasarkan jenis kemain adalah berapa jumlah jenis kelamin Laki-Laki untuk rentang usia 12-13 tahun dan berapa pula untuk jenis kelamin perempuannya. Kemudian untuk rentang usia 14-15 dan usia antara 16-17 tahun.

Untuk menyelesaikan masalah pencarian jumlah jenis kelamin dengan rentang usia silakan ketikan rumus pada masing-masing cell sebagai berikut :
J4 tuliskan rumus =COUNTIFS($F$2:$F$18,">="&$H4,$F$2:$F$18,"<="&$I4,$E$2:$E$18,J$3)
K4 tuliskan rumus =COUNTIFS($F$2:$F$18,">="&$H4,$F$2:$F$18,"<="&$I4,$E$2:$E$18,K$3)
L4 =SUM(J4:K4)

Lengkah berikutnya silakan copykan rumus tersebut ke bawah sehingga memperoleh hasil sebagai berikut


Hasil dari rumus diatas akan diperoleh :
Rentang Usia antara 12-13 tahun jenis kelamin Laki-Laki adalah 0 dan Perempuan adalah 0
Rentang Usia antara 14-15 tahun jenis kelamin Laki-Laki adalah 4 dan Perempuan adalah 7
Rentang Usia antara 16-17 tahun jenis kelamin Laki-Laki adalah 2 dan Perempuan adalah 4

Rekap jumlah total untuk Laki-laki adalah 6 dan perempuan adalah 11 sehingga diperoleh jumlah total untuk jenis kelamin laki-laki dan perempuan adalah 17

Angka 17 adalah sama dengan jumlah siswa yang dientrikan kedalam tabel siswa diatas. Jadi untuk menghitung rentang usia dengan jumlah siswa berapapun caranya adalah sama.

Demikian, tutorial singkat bagaimana Cara Menghitung Jenis Kelamin Berdasarkan Rentang Usia, semoga pekerjaan untuk rekap jenis kelamin akan lebih cepat dan selamat mencoba.

Related

Rumus Excel 2120933356397252944

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item