Diskusi tentang Excel

Cek Baris Terakhir yang Kosong dari Database .End(xlUp)



Entri sebuah record / item kedalam database di Ms. Excel tentunya kita harus mendefinisikan terlebih dahulu untuk mencek apakah ada baris terakhir yang kosong setelah record terakhir dari database tersebut jika ditemukan maka biasanya entri dilakukan, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana coding untuk cek baris kosong pada list database di Ms. Excel dengan menggunakan fungsi .End(xlUp).

Coding ini banyak dipakai oleh para proggramer VBA dalam membuat sebuah aplikasi dan biasanya yang sering digunakan adalah membuat perintah simpan data ke dalam database. Di excel VBA sering dikenal dengan .End(xlUp). Apa dan bagaimana fungsi serta kegunakan dari .End(xlUp) tersebut?

Simak Penggunaan .End(xlUp) untuk Menyimpan Data ke Database
Fungsi .End(xlUp) digunakan untuk membaca baris terakhir yang dimulai dari atas, jika ditambahkan dengan coding .Cells(Rows.Count, 1) maka hasilnya akan menjadi

ThisWorkbook.Sheets("Sheet1").Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row + 1

Fungsinya untuk membaca atau mengetahui pada workbook aktif dan pada sheet1 dengan menghitung baris yang ada pada kolom ke 1 kemudian tambahan +1 merupakan baris terakhir yang kosong yang ada pada kolom A. Baiklah kita coba praktekkan dengan menggunakan UserForm.

Pertama silakan Anda buat UserForm dengan cara menyisipkan pada editor VBA kemudian tambahkan 1 buah CommandButton dan ganti Caption CommandButton1 menjadi "Cek" kemudian UserForm1 ganti Caption pada properties menjadi "Cek Baris Terakhir yang Kosong"


Desain UserForm diatas, atau Anda bisa mendesain sendiri sesuai dengan kebutuhan atau kreativitas masing-masing. Setelah itu tambahkan coding berikut :

Private Sub CommandButton1_Click()
Call CekBaris
End Sub

Sub CekBaris()
CariBaris = ThisWorkbook.Sheets("Sheet1").Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row + 1
MsgBox "Baris Kosong Terakhir Adalah " & CariBaris
End Sub

Silakan di cek, hasilnya akan muncul sebuah pesan "Baris Kosong Terakhir adalah 9" karena di kolom A baris terakhir yang kosong adalah baris ke-9. Lalu bagaimana jika entri datanya pada Sheet yang berbeda ? Anda bisalihat dan  baca tulisan saya Cara Memasukan Data pada Sheet yang Berbeda

Related

UserForm 2684703575465328002

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item