Diskusi tentang Excel

Hide Worksheet Ketika File Excel Dibuka



Sebuah judul tulisan yang aneh, kenapa saya menuliskan judul artikel Hide Worksheet Ketika File Excel Dibuka? untuk apa apakah meteri ini dianggap penting? Ya, sebenarnya urusan penting atau gak penting itu hanya bisa dijawab oleh Anda sendiri. yang jelas saya disini hanya berbagai materi mengenai excel dan kali ini saya akan menulis bagaimana cara menyembunyikan worksheet ketika file dibuka dan ketika ditutup worksheet tertentu dimunculkan kembali namun tidak ada lagi konfirmasi alias langsung tutup saja.

Baiklah, tujuan untuk memnyembuntikan worksheet sebenarnya hanya sebagai pengamanan saja bahwa worksheet yang disembunyikan dirasa cukup penting yang tidak bisa diganggu oleh user atau pengguna. Biasanya hal ini dilakukan oleh para programmer VBA untuk menyelamatkan worksheet yang vital. Untuk bisa menyembunyikan worksheet secara manual atau biasa dilakukan tanpa VBA Anda cukup klik kanan worksheet yang akan disembunyikan kemudian klik Hide dan untuk mengembalikannya klik kanan pada salah satu worksheet kemudian klik Unhide.

Baca:
Cara Menyembunyikan Worksheet, Kolom, Baris pada Excel

Untuk menyembunyikan worksheet atau lembar kerja menggunakan VBA ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu apakah kita akan menggunakan prosedur Form Active, Workbook_open, CommandButton_Click, dan atau lainnya tergantung kebutuhan serta maksud dari programmer tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menyembunyikan worksheet melalui prosedur Workbook_Open dan Workbook_close.

Langsung saja ini dia script VBA / coding untuk menyembunyikan worksheet ketika file dibuka pertama kali.

Private Sub Workbook_Open()
Dim i As Integer

For i = 1 To ActiveWorkbook.Sheets.Count - 1
If Sheets(i).Visible = False Then
    Sheets(i).Visible = True
End If
Next
Sheet1.Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Coding diatas disimpan pada ThisWorkbook.

Sebenarnya dari materi ini bisa kita ambil intinya adalah untuk menyembunyikan sheet syntax nya adalah namasheet.visible=xlSheetVeryHidden.

Ada beberapa pilihan sebagai visible sheet yaitu :
-1 = xlSheetVisible
0 = xlSheetHidden
1 = xlSheetVeryHidden

Jadi ada 3 pilihan yang bisa dilakukan untuk menjalankan perintah apakah sheet mau ditampilkan atau disembunyikan, atau disembunyikan lebih kompleks lagi.

Silakan Anda coba Simpan file tersebut dan jangan lupa untuk Type File nya harus Macro enable.

Setelah Adan bisa menyembunyikan worksheet dengan prosedur WorksbookOpen lalu bagaimana cara menampilkannya kembali atau memunculkannya kembali?

Cara Lain
Coding/Script VBA untuk Menyembunyikan worksheet Cara Lain

Berikut coding untuk memunculkan Worksheet yang tersembunyi

Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
Dim i As Integer
For i = 1 To ActiveWorkbook.Sheets.Count - 1
If Sheets(i).Visible = True Then
    Sheets(i).Visible = xlSheetVeryHidden
End If
Next
Sheet1.Visible = xlSheetVisible
End Sub
Code dari prosedur diatas akan berjalan ketika workbook atau file ditutup maka sheet akan ditampilkan atau dimunculkan kembali.

Simak:
Cara Tepat Menyembunyikan dan Memunculkan Worksheet di Excel








Related

Macro Excel VBA 5441062453134112

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item