Diskusi tentang Excel

Rumus Menentukan Jumlah Sampel Penelitian Berbasis Excel

Cara menentukan berapa jumlah sampel yang harus diambil dari sebuah penelitian dengan diketahui jumlah populasi yang akan ditelitinya? Masih berbicara Ms. Excel bahwa untuk menentukan jumlah sampel dari populasi data penelitian tentunya kita harus menentukan pula berapa tingkat kesalahannya (error). Rumus yang berlaku untuk menentukan jumlah sampel adalah sebagai berikut :



Keterangan Rumus :
n = merupakan sampel
N = Meurpakan jumlah populasi
e = adalah batas dari toleransi kesalahan

Untuk lebih jelasnya silakan baca contoh kasus dari penelitian berikut ini

Sebuah sekolah memiliki data siswa dengan jumlah total 800 siswa berapakah sampel yang harus diambil dengan batas toleransi kesalahan 3%?

Jawab :
Mari kita selesaikan rumus ini dengan metode rumus slovin yaitu n = N / ( 1 + N e² )

Apabila Anda menggunakan Ms. Excel maka silakan tuliskan data pada masing-masing cell sebagai berikut :



Untuk menghasilkan e pangkat 2 maka Anda harus menuliskan rumus =Power(B2,2) hasilnya adalah 0.0009 kemudian langkah berikutnya adalah Anda harus mengetikkan rumus di cell B3 dengan formula =(B1*C2)+1


Hasil dari rumus diatas adalah : 1.72 kemudian langkah terakhir kita akan membagi 800/1.72 hasilnya adalah 465.1163 dan dibulatkan menjadi 465.

Jadi sampel yang harus dilakukan adalah sebanyak 465 siswa untuk tingkat kesalahan 3% dari populasi penelitian berjumlah 800 siswa.

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related

Statistik Penelitian 5488818802000255616

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item