Diskusi tentang Excel

Setting Date Time dengan Coding VBA Excel

Begini cara setting tanggal dan waktu (Date Time) dengan menggunakan VBA. Artinya Anda tidak usah masuk ke jendela Control Panel kemudian mencari menu Date Time (Regional Setting) tetapi Anda bisa langsung menuju jendela Date Time dengan bantuan Script VBA Excel ini. Lalu untuk apa kegunaannya?

Ada beberapa manfaat dan saya yakin jika Anda sudah memahami betapa pentingnya kegunaan VBA dalam membantu mengelola perhitungan data di Ms. Excel. Biasanya digunakan untuk kepentingan dalam pengelolaan keuangan pada aplikasi yang dibuat berbasis VBA.

Baca :
Cara Membaca atau Membuka Control Panel melalui UserForm
Merubah format tanggal dan waktu biasanya dilakukan ketika jam atau tanggal yang ada di komputer Anda tidak sesuai dengan kenyataan hal ini akan  berakibat buruk pada aplikasi yang digunakan, karena ada beberapa aplikasi yang mengaitkan jam dan tanggal sebagai salah satu pendukung agar aplikasi dapat dijalankan atau berjalan dengan normal.

Untuk mempermudah pemanggilan jendela Date Time sebaiknya kita menggunakan UserForm control agar pengguna dengan mudah untuk mengeksekusi date time tersebut. Saya menambahkan 1 buah CommandButton sebagai prosedur untuk memanggilnya. Biasanya untuk menu-menu windows memanggil jendela Dte Time menggunakan fungsi RunDll.

Berikut tampilan desain UserForm yang sudah saya rangcang.



Dari tampilan sederhana userform diatas Anda dapat memanggil jendela Date Time. Oiya untuk yang belum bisa cara membuat UserForm silakan

Baca:
Pengenalan Dasar Membuat Userform VBA Excel

Seperti Halnya cara membuka Font coding ini hampir mirip dengan Cara Menampilkan Font dengan VBA

Berikut Script untuk menampilkan jendela atau merubah Date/Time dengan VBA

Private Sub CommandButton1_Click()
On Error Resume Next
Shell "RunDll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL timedate.cpl", vbNormalFocus
ShowControlPane4 = Err.Number = 0
End Sub
Dengan coding diatas jelas kita akan menampilkan TimeDate.cpl maka jika Anda mengklik tombol "Setting Tanggal dan Waktu" akan muncul jendela Date Time seperti gambar berikut


Benah kan, silakan Anda klik Change date and time untuk merubahnya. Sampai disini Anda sudah bisa membuat coding bagaimana cara menampilkan Date Time dengan menggunakan VBA Excel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related

RunDLL32 VBA 5600028525678580211

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item