Diskusi tentang Excel

VBA Excel Instal Font Setting dengan Rundll32

Font merupakan jenis tulisan dengan berbagai jenis variasi yang sesuai dengan desain si pembuat font tersebut. Font biasanya digunakan untuk mengganti jenis huruf. Font biasanya sudah terinstal pada windows dan anda tinggal menggunakannya, lalu bagaimana jika Anda ingin menambahkan font?

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstal font menggunakan coding atau script VBA dimana jendela font setting atau font instal akan dibuka menggunakan tombol yang telah dibuat dan dirancang oleh kita sendiri.

Coding untuk membuka Jendela Font


Private Sub CommandButton1_Click()
  On Error Resume Next
  Shell "Rundll32 Shell32.dll,SHHelpShortcuts_RunDLL FontsFolder", vbNormalFocus
  ShowControlPane4 = Err.Number = 0
End Sub
Di dalam windows kita pernah mendengar yang namanya beberapa file Rundll32, nah untuk menampilkan jendela yang dijalankan melalui Runddl32 Anda bisa menggunakan fungsi Rundll32.Shell32.dll


Anda  bisa memanggil jendela font dengan menggunakan objek CommandButton seperti yang dicontohkan diatas dengan prosedur klik yang artinya jika commandbutton1 diklik oleh User maka jendela font akan muncul dan disinilah Anda bisa menambahkan jenis font baru ke dalam jendela font tersebut.

Demikian, tutorial singkat bagaimana coding atau perintah untuk instal font dalam menambahkan jenis font baru kedalam kotak font. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related

RunDLL32 VBA 6820918125016205135

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item