Diskusi tentang Excel

VBA Menampilkan UserForm dengan Validasi File Excel

Bagaimana cara memunculkan atau menampilkan UserForm dengan validasi nama file? Validasi nama file artinya program akan mengecek terlebih dahulu apabila ditemukan maka UserForm ke-2 akan ditampilkan namun apabila tidak maka UserForm akan di close.



Biasanya coding ini digunakan untuk aplikasi dimana aplikasi tersebut mengarah pada nama file artinya jika nama file yang dimaksud bukan nama file yang telah ditentukan maka program aplikasi tidak jalan namun apabila file yang kita definisikan ada maka program akan dijalankan lebih lanjut.

Baca:
Validasi Data dari Range dengan VBA

Atau Baca:
Validasi cek Nomor Seri Hardisk

Untuk bisa membuat validasi userform maka kita terlebih dahulu harus menambahkan 2 buah UserForm dan masing masing userform1 untuk validasi cek file dan UserForm2 untuk flash ucapan Selamat Datang atau bisa juga sebagai Form Pembuka.

Baiklah kita buat Form ke-1
Tampilannya seperti berikut ini

Langkah berikutnya kita buat form2 untuk Flash kira-kira desain seperti gambar berikut ini

Dua buah UserForm telah kita buat langkah berikutnya kita akan membuat atau menambahkan script untuk validasi nama file dan silakan Anda tuliskan coding berikut:

Private Sub CommandButton1_Click()
Call test
End Sub

Sub test()
sPath = "D:\Aplikasi\TestData.xlsx"
'Cek Direktorinya apakah ada file atau tidak
If File_Exists(sPath) Then
    MsgBox "File Aplikasi Sudah ada di " & sPath
    Unload Me
    UserForm2.Show
    Else
    MsgBox "Tidak ada File di " & sPath
    Unload Me
End If
End Sub

Private Function File_Exists(ByVal sPathName As String, Optional Directory As Boolean) As Boolean

On Error Resume Next
    If sPathName <> "" Then
        If IsMissing(Directory) Or Directory = False Then
            File_Exists = (Dir$(sPathName) <> "")
            Else
            File_Exists = (Dir$(sPathName, vbDirectory) <> "")
        End If
    End If
End Function


Silakan Anda buat folder di drive D:\ dengan nama folder Aplikasi. Kemudian buat sebuah nama file terserah asalkan file tersebut disimpan di folder Aplikasi drive D:\ dengan nama file TestData.xlsx

Jika program dijalankan dan apabila nama file TestData.xlsx ditemukan di folder D:\Aplikasi| maka akan muncul pesa "File Aplikasi Sudah ada di drive D:\Aplikasi" namun apabila nama file ada di lokasi folder tersebut maka akan muncul sebuah pesan "Tidak Ada file di drive D:\Aplikasi".

Secara garis besar apabila ditemukan akan muncul Form ke-2 dengan ucapan selamat, Aplikasi siap dijalankan. Oke, silakan Anda kembangkan coding diatas untuk kebutuhan dalam pembuatan Aplikasi berbasis VBA Excel, semoga Anda menjadi programmer Indonesia yang handal.

Demikian semoga bermanfaat

Related

UserForm 8216278622093245449

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item