Diskusi tentang Excel

Aplikasi Bidan Free Berbasis Excel

Aplikasi Bidan Free Berbasis Excel, sepertinya saya memang belum mempunyai nama untuk aplikasi ini, namun karena tujuan dibuatkannya aplikasi bidan ini adalah untuk membantu bidan dalam memanajemen database pasien maka saya sebut saja Aplikasi Bidan Free alias Gratis. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Ms. Excel sebagai database pengolahan data pasiennya dan dikemas lebih profesional lagi menggunakan coding / script macro VBA.

Aplikasi bidan ini saya sebutkan versi Beta karena aplikasi yang saya ciptakan ini masih banyak yang harus disemputnakan. Mungkin di daerah saya sendiri banyak sekali bidan yang masih menggunakan sistem manual untuk memanajemen database pasiennya bagaimana tidak yang saya lihat tidak ada fasilitas teknologi (komputer) yang dapat membantu pekerjaan seorang bidan dalam praktek di rumah prakteknya. Mungkin untuk mengelola data pasien yang jumlahnya sedikit sepertinya tidak akan menjadi masalah karena dokumen yang terkumpul dan tersimpan akan mudah untuk dicari dan diakomodir.

Ada beberapa bidan yang dibantu oleh asisten dan saya kira itu adalah mereka yang sedang melakukan praktek kerja lapangan mahasiswa yang akan lulus kebidanan atau keperawatan. Dan yang terjadi mereka membantu bidan tidaklah salam hanya sebagai menjalankan tugas menyelesaikan skripsi atau bahkan yang belum mendapatkan pekerjaan tetap sebagai bidan. Bagi bidan yang mengadakan praktek di rumahnya tentunya akan lebih baik dan profesional menggunakan sebuah aplikasi sebagai alat bantu dalam menamajemen data pasien.

Fitur Aplikasi Bidan Versi Beta

Karena aplikasi bidan ini belum sempurna hanya beberapa fitur saja yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna apalikasi ini. Fitur ini saya kira masih sangat umum digunakan oleh aplikasi-aplikasi lainnya dan tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi yang pernah saya buat sebelumnya. Anda dapat memanfaatkan fitur aplikasi bidan versi Beta ini diantaranya :

Entry Database Pasien

Fitur ini mencakup data lengkap pasien termauk riwayat penyakit yang diderita atau keluhan yang terjadi pada pasien dan hal ini dapat membantu sekali untuk mengidentifikasi pasien yang dilakukan oleh bidan tersebut. Entry data pasien ini juga dilengkapi dengan nomor pendaftar dan nomor registrasi secara generate jadi bidan atau asisten atau user yang menggunakan aplikasi ini tidak perlu direpotkan menentukan nomor registrasi untuk pasiennya.
Entry data pasien ini juga dilengkapi dengan entry umur pasien dan berat badan karena dalam hal kesehatan ini sangat penting untuk menetapkan jenisdan atau takaran obat. Dalam aplikasi bidan ini juga pada form entri terdapat hari dan tanggal ketika pasien di registrasi sehingga ini akan menjadi sebuah data awal untuk menindaklanjuti ketika pencarian atau menemukan riwayat pasien sudah berapa kali datang dan berobat ke tempat praktek bidan tersebut.

Desain Entry Pada Aplikasi Bidan
Pada Form Entry Data Pasien tersebut Anda bisa menambah, menghapus, dan Mengedit data pasien dan
yang tidak kalah pentingnya juga dalam entry data pasien ini terdapat alamat yang lengkap sehingga hal ini akan memudahkan mengakomodir berapa jumlah pasien dari desa tertentu. Walaupun hal ini kurang dianggap penting namun menurut saya Bidan akan mudah menganalisa data pasien secara keseluruhan dan cepat.

Pencarian Data Pasien

Jelas sekali sebuah database yang tersimpan secara rapi akan memudahkan dalam hal pencarian data. Saya sudah menyiapkan fitur untuk pencarian data pasien dan ini juga akan memudahkan bagi pengguna aplikasi bidan ini untuk mencek apakah pasien tersebut pernah berobat ke praktek Anda atau belum jika belum maka pasien yang bersangkutan harus di registrasi terlebih dahulu.

Pencarian data pasien ini cukup sederhana Anda tidak perlu mengetikkan nama lengkap karena sudah saya pasilitasi dengan coding unik sehingga walaupun user hanya memasukan satu kata pun akan mudah untuk menampilkan list database yang cocok dengan kata kunci pencarian tersebut. Hasil database pasien memungkinkan untuk edit data pasien atau bahkan menghapusnya.

Berikut Interface Form Pencarian Database Pasien

Pencarian Data Pasien dengan Form pada Aplikasi Bidan Versi Beta berbasis Excel

Pencarian data pasien dengan kata kunci "SETIA" pada aplikasi ini maka list database akan menampilkan daftar nama pasien yang mengandung kata kunci "SETIA" jika data nama pasien ada banyak yang mengandung kata kunci tersebut maka secara otomatis akan ditampilkan semua sehingga ini akan memudahkan user untuk memilih pasien mana yang cocok dengan data yang ada dalam database tersebut.

Fitur List Database Pasien Pada Aplikasi Bidan
Beberapa fitur mungkin belum saya pakai untuk melengkapi aplikasi bidan versi Beta ini, dan mudah-mudahan akan saya sempurnakan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan bidan dalam praktek di rumah prakteknya.

Pelayanan yang di berikan di bidan praktek mandiri meliputi penyuluhan kesehatan, konseling KB, antenatal care, senam hamil, perawatan payudara, asuhan persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi, pelayanan KB ( IUD, AKBK, Suntik, Pil ) , imunisasi ( ibu dan bayi ), kesehatan reproduksi remaja, perawatan pasca keguguran. Selain  itu bidan praktek mandiri melayani pemeriksaan untuk orang yang sakit, kemudian memberi pelayanan kesehatan terhadap WUS (wanita usia subur ) serta LANSIA

Bidan yang melaksanakan praktek tentunya harus memiliki ijin praktek beberapa persyaratan dan b idan praktek juga harus memiliki peralatan dan kelengkapan dalam prakteknya diantaranya adalah :
- Tensimeter
- Stetoskop biokuler
- Stetoskop monokuler
- Timbangan dewasa
- Timbangan bayi
- Pengukuran panjang bayi
- Thermometer
- Oksigen dalam regulator
- Ambu bag dengan masker resusitasi (ibu+bayi)
- Penghisap lendir
- Lampu sorot
- Penghitung nadi
- Sterilisator
- Bak instrument dengan tutup
- Reflek Hammer
- Alat pemeriksaan Hb (Sahli)
- Set pemeriksaan urine (protein + reduksi)
- Pita pengukur
- Plastik penutup instrument steril
- Sarung tangan karet untuk mencuci alat
- Apron / celemek
- Masker
- Pengaman mata
- Sarung kaki plastik
- Infus set
- Standar infuse
- Semprit disposable
- Tempat kotoran / sampah
- Tempat kain kotor
- Tempat plasenta
- Pot
- Piala ginjal / bengkok
- Sikat, sabun dan tempatnya
- Kertas lakmus
- Semprit glyserin
- Gunting verband
- Spateln lidah
- IUD kit
- Implant kit
- Covis
- Suction
- Gergaji implant

Untuk urusan Administrasi minimal harus memiliki
a) Memiliki papan nama bidan praktek swasta
b) Mempunyai SIPB dan masih berlaku
c) Ada visi dan misi
d) Ada falsafah
e) Memiliki buku standar pelayanan kebidanan
f) Ada buku pelayanan KB
g) Ada buku standar pelayanan kebidanan neonatal
h) Ada buku register pasien
i) Ada format catatan medic

Perlengkapan maupun administrasi tentunya akan berbeda-beda dan saya kira kelengkapan yang lengkap serta administrasi yang rapi akan memiliki nilai tambah bagi peminat atau pengunjung pasien yang ingin berobat ke bidan yang bersangkutan Apalagi teknologi yang bisa mendukung kegiatan praktek seorang bidan disediakan hal ini akan menjadikan bidan praktek terlihat profesional.

Hadirnya Aplikasi Bidan ini tentunya sangat memungkinkan untuk membantu para bidan dalam melengkapi administrasi yang berbasis teknologi.

Demikian contoh aplikasi Database Pasien untuk Bidan versi Beta ini semoga bermanfaat dan selamat menggunakan.

Related

Aplikasi Excel 9153299480961593653

Post a Comment

  1. boleh download gan??? mint link downloadnya ya...

    ReplyDelete
  2. boleh minta link download nya pak?

    ReplyDelete
  3. kalo berkenan kirim ke email saya pak...mhusnimubarok18@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Kalau berkenan kirim ke email saya : sanroama3@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Bila berkenan
    mohon kirim link download ke email saya pak...
    bambang_fe_utm@yahoo.co.id

    terimakasih

    ReplyDelete
  6. pak yatna,
    kalo berkenan mohon dikirim ke : bangrudy_tm@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. Pak Yatna,
    Saya mau duonk... kalo berkenan dan tidak keberatan
    kirim juga ke : Mshd0477@gmail.com
    Suwun

    ReplyDelete
  8. akan sangat membantu pekerjaan istri saya, boleh dong dikirim juga.heheu

    email: aink420@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Pa yatna bila berkenan kirim ke hyogio@gmail.com aplikasi ini akan sgt mbntu pkerjaan istri sya. Terima ksih

    ReplyDelete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item